Artikel Pilihan

Bibit Pohon Bidara Bisa Dibuat Menjadi Berbagai Macam Produk

Bibit Pohon Bidara

Salah satu hal yang paling diingat orang tentang bibit pohon bidara adalah bisa mengusir jin atau setan. Bibit pohon bidara memang memiliki daun yang sering digunakan dalam proses pengusiran makhluk halus atau ruqyah. Penggunaan daun bidara untuk mengusir setan juga sering direkomendasikan oleh para ulama.

Selain untuk membantu proses ruqyah, bibit pohon bidara juga bisa mengusir setan yang mendiami suatu tempat. Namun, ternyata dibalik manfaat mistis itu juga ada manfaat untuk kesehatan. Buah dan daun bidara bisa digunakan sebagai berbagai produk yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan anda. 

Produk dari Bibit Pohon Bidara 


1. Makanan 

Beberapa bagian dari pohon bidara, seperti daun, buah, atau bibit pohon bidara bisa dibuat menjadi berbagai makanan sehat, yang tentunya tetap enak. Makanan yang menggunakan buah atau daun bidara sebagai bahannya juga tidak melulu sayur yang membosankan. 

Anda bisa membuat pizza, martabak telur, dan bakwan dari daun bidara. Kalau anda merasa pizza memiliki toping yang kurang sehat, coba gantikan topingnya dengan daun bidara. 

Anda juga menambahkan martabak telur atau bakwan dengan daun bidara agar bisa mengimbangi efek buruk yang disebabkan karena banyaknya lemak. Anda tetap bisa makan enak. Namun, lebih menyehatkan. 

2. Minuman 

Daun atau bibit pohon bidara paling sering diubah menjadi minuman karena proses pembuatannya yang mudah. Anda bisa menyeduh daun bidara dan menghidangkannya sebagai teh. Tambahkan sedikit madu agar rasanya menjadi lebih manis. 

Buah bidara juga bisa anda jadikan jus yang menyegarkan. Rasanya manis dan harum sehingga tidak perlu ditambahkan susu lagi. Bila anda menyukai jus sayuran, daun bidara juga bisa anda ubah menjadi jus sayuran. 

Kalau anda tidak ingin repot memanaskan atau membuatnya menjadi jus, anda tetap bisa menikmati bibit pohon bidara sebagai minuman yang sehat. Caranya adalah dengan menjadikannya sebagai infused water. 

Siapkan beberapa buah dan daun bidara yang telah dipotong. Campurkan ke dalam air biasa dan diamkan selama 6 jam. Anda bisa membiarkannya di lemari es jika anda menyukai minuman yang dingin. 

Buah bidara juga sering dijadikan sirup atau selai. Untuk menjadikannya sirup, anda bisa harus menghaluskan buahnya terlebih dahulu. Jika sudah halus campurkan sedikit gula dan kemudian berikan air. 

Kalau anda ingin menjadikannya selai, siapkan blender dan masukkan bibit pohon bidara ke dalamnya. Nyalakan blender dan biarkan sampai halus. Kalau sudah halus, simpanlah ke dalam toples dan dapat menggunakannya kalau ingin memakannya menggunakan roti. 

3. Sebagai Obat 

Daun dan bibit pohon bidara memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat berguna bagi tubuh sehingga sangat cocok dijadikan obat. Beberapa kandungan nutrisi dalam pohon bidara adalah vitamin A, B, C, fosfor, kalsium, zat besi, karbohidrat, lemak, protein, beta karoten, dan antibakteri. 

Obat dari bibit pohon bidara akan berguna untuk mencegah penyakit jantung, diabetes, gagal ginjal, tekanan darah tinggi, stroke, dan kolesterol tinggi. Selain itu, obat dari bahan ini juga bisa mengatasi masalah pencernaan. Tentunya setelah ditambahkan bahan lainnya untuk membantu mengatasi penyakit yang menyerang anda. 

4. Sebagai Produk Kecantikan 

Bibit pohon bidara juga memiliki khasiat sebagai produk kecantikan untuk masalah kulit berjerawat dan kulit kering. Anda juga bisa memanfaatkan daun bidara untuk digunakan sebagai masker. 

Tanaman ini sering dimanfaatkan sebagai produk kecantikan karena mengandung antibakteri dan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh wajah. Salah satu produk kecantikan yang paling sering memakai bahan pohon bidara adalah masker dan krim. 

Anda juga bisa membuat berbagai masker sendiri dari daun bidara. Caranya cukup gampang, tumbuh halus beberapa lembar daun bidara. Kalau sudah, tambahkan sedikit air, madu, atau susu. Oleskan ke seluruh wajah anda dan kemudian biarkan mengering. Kalau sudah mengering, bilaslah pakai air bersih. 

Memakai produk yang terbuat dari bibit pohon bidara secara rutin bisa membuat muka anda jadi lebih bersih, menghilangkan jerawat, dan menunda penuaan dini yang bisa saja terjadi. 

Peluang Bisnis Dari Bibit Pohon Bidara 

Bibit Pohon Bidara
Sumber: atmago.com
Setelah melihat beberapa produk yang bisa terbuat dari bibit pohon bidara, kini anda pasti telah menangkap beberapa peluang bisnis yang bisa didapatkan dari tanaman ini. Peluang bisnis dari budidaya pohon bidara memang sangat luas. 

Anda bisa menjual bibit pohon bidara langsung, atau menjual daun dan buahnya saja. Harganya juga cukup mahal, 1 pohon bidara harganya bisa mencapai 200 ribu Rupiah. 1 kg daun bidara harganya bisa mencapai 500 ribu Rupiah, sedangkan 1 biji buah bidara harganya mencapai 500 rupiah. 

Anda juga bisa mengolahnya menjadi beberapa produk dan harganya tentu bisa anda jual dengan lebih mahal. Anda bisa menjual jus daun bidara bagi orang yang ingin menerapkan hidup yang sehat. 

Anda juga bisa mengolah tanaman ini menjadi obat dan produk kecantikan dengan target orang yang ingin mencegah berbagai penyakit dan mengatasi masalah wajah. 
Bibit Pohon Bidara
Sumber: pinterest.com
Apakah anda semakin tertarik menanam bibit pohon bidara setelah mengetahui produk yang bisa dihasilkan dan peluang yang mungkin bisa anda dapatkan?

Belum ada Komentar untuk "Bibit Pohon Bidara Bisa Dibuat Menjadi Berbagai Macam Produk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel