Artikel Pilihan

Ciri-ciri Bunga Blue Bells (Hyachintoides non-scripta)

ciri ciri pohon blue bells

Bunga Blue Bells memiliki nama latin Hyachintoides non-scripta ini populer di negara Inggris. Asal dari bunga yang dijuluki sebagai salah satu tanaman terindah di dunia ini yaitu Perancis dan negara bagian British Isles. Pesona yang ditampilkan dari Blue Bells ini membuat tiap orang tidak bosan memandangnya.

Meskipun habitat asli Blue Bells dari hutan, namun dapat menciptakan pemandangan bak karpet biru. Menyoal budidaya Blue Bells di Inggris sendiri dilindungi karena masuk dalam kategori tanaman langka.

Menurut penuturan masyarakat Inggris, dulunya Blue Bells dikenal dengan julukan ‘bunga peri’. Sebab, ada keyakinan bahwa bunga satu ini seringkali digunakan oleh peri untuk membuat perangkap bagi anak-anak. Adapun mitos lain yang berkembang di Inggris penggunaan bunga Blue Bells akan mendorong seseorang mengungkapkan kebenaran dan kejujuran.

Fakta Blue Bells (Hyachintoides non-scripta)

ciri ciri pohon blue bells
Sumber: travel.detik.com
Fakta bunga Blue Bells berasal dari proses penanaman umbi dan biji-bijian dengan posisi tegak hingga berat bunga seimbang. Pada awal pertumbuhan, daunnya berwarna hijau tua dan dapat berdiri dengan tinggi sekitar 20 hingga 40 cm dan lebar 7 sampai 15 mm. Ditemukan duri mengembang pada batang daun tergantung dengan cara budidaya bunga Blue Bells.

Saat masa pertumbuhan, Blue Bells akan tumbuh pada satu sisi batang saja dan terjumbai. Ditemukan juga tubular dengan bentuk kelopak melengkung keluar. Jadi, dapat dilihat bentuk dari bunga Blue Bells seperti lonceng sehingga menjadi nama bunga tersebut.

Bunga Blue Bells secara alami berada dalam satu gugusan dengan masing-masing gugusan sekitar 6 hingga 20 bunga. Biasanya jenis bunga ini ditemukan berwarna violet, biru, putih, merah muda.

Ada juga bunga Blue Bells yang memiliki kepala sari berwarna krem. Ciri khas dari bunga ini yang membedakan dari bunga lain yakni berbentuk lonceng berwarna biru. Aroma yang dikeluarkan pun manis seperti sari bunga Blue Bells.

Baca Juga :

Ciri-ciri Bunga Blue Bells

ciri ciri pohon bunga blue bells
Sumber: lensamedia.com
Banyak orang mengatakan bunga Blue Bells dari Inggris ini hampir mirip dengan Blue Bells asal Spanyol. Beberapa ciri-ciri dari bunga Blue Bells yang dapat diketahui dengan mudah ketika menemukannya:

1. Jenis Tanaman Abadi

Dikatakan bahwa Blue Bells asal Inggri dan Prancis tersebut sejenis tanaman abadi memiliki umbi dan berbunga. Pertumbuhan pada batangnya dapat mencapai 50 cm dengan lebar daun 7 hingga 25 mm dan panjang 45 cm.

2. Karakteristik Daun

Daun Blue Bells juga memiliki karakteristik sendiri selain berbentuk lebar. Daunnya halus, memiliki bulu tipis, dan ujungnya berbentuk runcing.

3. Karakteristik Bunga

Dalam sebuah tanaman Blue Bells rata-rata memiliki bunga sampai 20 buah. Aroma bunganya manis dengan berbentuk menunduk dan menggantung pada tangkai. Setiap bunga berbentuk lonceng berwarna biru, terkadang ditemukan warna putih maupun merah muda.

Tiap bunga terdapat 6 kelopak yang membengkok dengan serbuk sari warna putih bercampur krem. Cara paling praktis membedakan Blue Bells asli Inggris (British) dengan yang berasal dari Spanyol dilihat dari serbuk sarinya. Jadi, serbuk sari berwarna hijau pucat atau biru menandakan Blue Bells tersebut berasal dari Spanyol.

Ada pula Blue Bells British dengan warna ungu kebiru-biruan terang. Warna tersebut didapat dari hasil mutasi genetik. Biasanya tanaman ini hanya berbunga pada waktu tertentu yakni bulan April dan Mei. Bunga Blue Bells juga dapat bermekaran secara bersamaan satu lahan penuh.

Populasi tanaman ini memang banyak ditemukan di negara Inggris. Namun, sebanyak 71% Blue Bell ditemukan pada wilayah hutan, lapangan, dan menghiasi pagar tanaman.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Ciri-ciri Bunga Blue Bells (Hyachintoides non-scripta)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel