Artikel Pilihan

Cara Menggunakan Bibit Pohon Bidara Untuk Berbagai Penyakit

Bibit pohon bidara merupakan salah satu bibit tanaman yang paling banyak dicari. Alasan kenapa bibit pohon bidara banyak dicari adalah karena digunakan sebagai obat. Tanaman yang satu ini memang bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit, mulai dari luka luar, penyakit jantung, pencernaan, hingga perawatan wajah.

Bagian dari bibit pohon bidara yang paling sering dimanfaatkan adalah daun dan buahnya. Buah bidara dapat dijadikan bibit untuk menumbuhkan pohon bidara lagi. Untuk setiap penyakit, cara penggunaan atau daun bidara berbeda-beda. Karena itu, anda harus mengetahui cara penggunaan bagian dari pohon bidara ini sebagai obat. 

Cara Menggunakan Bibit Pohon Bidara Untuk Setiap Jenis Penyakit 

Bibit Pohon Bidara

1. Menyembuhkan Luka Luar 

Bibit pohon bidara akan menumbuhkan daun yang mengandung antibakteri dan antiinflamasi yang berguna untuk mencegah infeksi pada luka luar. Selain itu, ada juga senyawa glikosida yang berguna untuk mempercepat penyembuhan bekas luka. 

Untuk menggunakan daun bidara sebagai penyembuh luka luar, rebus daun bidara hingga mendidih. Setelah itu, tumbuk daun tersebut hingga halus dan oleskan di luka. Oleskan hingga semua luka tertutupi dan biarkan beberapa jam baru dibilas dengan air bersih. 

2. Menyelesaikan Masalah Pencernaan 

Masalah pencernaan, seperti maag, wasir, diare, sembelit, dan infeksi usus dapat dibantu oleh bibit pohon bidara sebagai obat. Daun dan buah bidara dapat dimanfaatkan untuk menyelesaikan penyakit ini. Daun bidara mengandung zat yang bisa mencegah meningkatnya asam lambung sedangkan buah bidara tinggi akan serat. 

Cara menggunakan daun atau buah bidara untuk menyembuhkan berbagai penyakit pencernaan saat mudah. Rebus daun atau buah bidara hingga mendidih. Tunggu hingga dingin dan minum air tersebut. Untuk penyakit wasir, anda bisa langsung mengoleskan daun bidara yang sudah ditumbuk di anus anda.

3. Menghilangkan Jerawat 

Jerawat bisa muncul karena pori-pori di muka menumpuk kotoran terlalu banyak. Di dalam jerawat, ada sebuah nanah yang bisa menyebabkan infeksi bila anda memecahkan jerawat itu. Daun bidara mengandung zat yang bisa membersihkan kotoran tersebut. Cara menggunakannya juga mudah. 

Tumbuk 5 helai daun bidara hingga menjadi halus. Campurkan sedikit air, bila anda ingin hasil yang lebih maksimal, anda bisa menambahkan susu, madu, atau air perasan lemon. Oleskan pada seluruh bagian wajah dan biarkan beberapa menit hingga menjadi kering. Setelah itu, bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini secara konsisten. 

4. Mencegah Rambut Rontok 

Banyak sekali hal yang bisa menyebabkan rambut anda menjadi rontok, antara lain adalah stress, kurangnya vitamin, dan kurangnya protein. Bibit pohon bidara mengandung berbagai zat yang bisa memperkuat akar rambut anda. 

Bila anda ingin menggunakan tanaman ini untuk mengatasi masalah rambut rontok, anda membutuhkan daun bidara. Rebus air tersebut hingga mendidih dan gunakan sebagai hair tonic. 

5. Mempercepat Penyembuhan Sariawan 

Bibit pohon bidara juga bisa menyembuhkan penyakit yang paling sering menjadi masalah bagi umat manusia, yaitu sariawan. Penyakit ini bisa disebabkan karena panas dalam atau infeksi virus dan bakteri. 

Kandungan antibakteri dalam daun dan buah bidara yang cocok untuk melawan bakteri penyebab sariawan di dalam mulut. Selain itu, ada juga kandungan antioksidan untuk membantu melawan bakteri. Minum air hasil rebusan daun bidara merupakan cara untuk mengatasi sariawan. 

6. Mengurangi Tanda Penuaan Dini 

Kulit yang bermasalah dalam waktu lama bisa menimbulkan tanda-tanda penuaan dini, seperti garis halus, flek, dan perubahan warna kulit. Bibit pohon bidara bisa digunakan untuk mengatasi masalah yang satu ini karena mengandung berbagai zat yang berguna, seperti antioksidan. 

Cara menggunakan tanaman ini untuk menghilangkan tanda penuaan dini sama seperti menghilangkan jerawat, yaitu menggunakannya sebagai masker. Tumbuk beberapa daun bidara, campur dengan air, oleskan ke seluruh, biarkan hingga kering, dan bilas dengan air bersih. 

7. Menurunkan Kadar Kolesterol 

Ada dua jenis kolesterol, yaitu kolesterol jahat dan kolesterol baik. Tentu saja anda ingin mengusir kolesterol jahat dalam tubuh. Anda bisa memanfaatkan bibit pohon bidara untuk melakukan hal itu. 

Anda bisa merebus daun atau buah bidara dan kemudian meminum hasil rebusannya. Anda juga bisa memakan daun dan buah bidara secara langsung tanpa diproses terlebih dahulu. Yang terpenting adalah anda tetap mengkonsumsi tanaman ini. 

8. Mengatasi Sulit Tidur 

Kesulitan tidur atau insomnia bisa disebabkan karena anda memiliki banyak pikiran. Bagian dari bibit pohon bidara mengandung banyak sekali zat saponin yang berfungsi untuk membuat tubuh menjadi tenang. 

Daun bidara dapat anda proses menjadi teh untuk mengatasi insomnia. Rebus daun bidara dan sajikan airnya. Anda bisa mencampur dengan susu atau madu untuk menambah cita rasanya. Konsumsi setiap hari untuk menambah zat saponin dalam tubuh. 


Zat yang Terkandung Dalam Bibit Pohon Bidara 

Bibit Pohon Bidara
Sumber: higaragro.com
Bagaimana bisa bibit pohon bidara menyembuhkan berbagai penyakit? Jawabannya adalah karena di dalam daun atau buah pohon bidara mengandung beberapa zat yang sangat berguna, antara lain adalah karbohidrat, antioksidan, protein, lemak, beta karoten, vitamin A, vitamin C, fosfor, dan kalsium. 

Dengan mengetahui cara menggunakan bibit pohon bidara untuk berbagai penyakit, pohon bidara yang anda miliki bisa anda manfaatkan dengan lebih maksimal.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menggunakan Bibit Pohon Bidara Untuk Berbagai Penyakit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel