Artikel Pilihan

Catat, Ini Tanaman Hidroponik yang Cepat Panen

Salah satu teknik menanam yang sedang banyak digandrungi banyak orang adalah hidroponik. Ada banyak keuntungan dalam memakai teknik hidroponik seperti kamu yang tidak perlu memakai tanah atau membutuhkan lahan luas. Dengan modal air dan nutrisi yang cukup kamu bisa menanam tanaman hidroponik.

Jika kamu ingin mulai mencobanya, sebaiknya kamu memilih jenis tanaman yang mudah untuk ditanam. Selain mudah, tanaman berikut ini juga cepat proses panennya. Penasaran apa saja jenis tanamannya?
Ciri Ciri Pohon Tanaman Pakcoy Hidroponik


1. Pakcoy

Jenis tanaman ini memang mirip dengan caisim. Namun sebenarnya berbeda dari segi bentuk daun maupun batangnya. Sayuran ini menjadi salah satu jenis tanaman yang paling digandrungi oleh pecinta hidroponik. Kamu bisa dengan cepat dan mudah merasakan panennya.



2. Kangkung

Pastinya orang Indonesia sangat dekat dengan tanaman yang satu ini. Kangkung juga termasuk tanaman yang mudah untuk tumbuh dengan metode hidroponik. Apalagi kangkung juga salah satu tanaman yang bisa tumbuh di air dan tanah. Tentu saja cocok bagi tanaman kangkung dipakai untuk hidroponik.

3. Sawi

Sayuran satu ini mirip dengan pakcoy. Dengan begitu tentu saja sawi menjadi salah satu deretan sayuran yang cocok ditanam dengan hidroponik. Salah satu kunci kesuksesan hidroponik adalah tidak adanya penyakit pada tanaman. Nah sawi menjadi salah satu tanaman yang jarang terkena penyakit.

4. Selada

Jika dilihat tanaman hijau memang menjadi salah satu jenis yang paling mudah untuk ditanam kemudian panen. Apalagi selada merupakan jenis sayuran yang nilai ekonominya tinggi. Kamu mungkin bisa menjadikan kegiatan menanam selada dengan hidroponik sebagai bisnis yang menjanjikan. Apalagi sayuran yang ditanam dengan hidroponik dikenal lebih segar.

5. Seledri

Nah, tanaman yang menjadi tambahan dalam makanan ini biasanya ditanam dengan menggunakan sistem sumbu atau wick. Selain itu, banyak orang yang juga menanam seledri dengan sistem rakit apung. Mau apapun tekniknya, seledri juga termasuk tanaman yang cepat panen dan mudah dalam proses pengerjaannya.

6. Timun

Pecinta lalap pastinya tahu jenis tanaman yang sangat populer di Indonesia. Tanaman ini sangat bermanfaat karena banyak khasiat di dalamnya. Banyak orang yang meyakini bahwa proses penanaman dengan hidroponik membuat timun jadi lebih segar dan berair. Jadi, jangan ragu untuk mencoba timun sebagai tanaman hidroponik ya.

7. Bayam

Tanaman bayam memang menjadi salah satu jenis sayuran yang mudah ditanam dan ditemukan di mana saja. Ternyata, jenis ini juga mudah untuk ditanam secara hidroponik. Apalagi tanaman ini bisa jadi lebih berkualitas jika ditanam dengan teknik hidroponik.

8. Cabai

Cabai merupakan tanaman varietas palawija. Ia menjadi salah satu jenis tanaman yang bisa tumbuh di mana saja alias memiliki adaptasi yang baik. Tanaman ini termasuk jenis yang sangat cocok untuk ditanam dengan hidroponik. Apalagi, cabai termasuk jenis tanaman yang kerap diburu orang karena orang Indonesia sangat suka pedas. Wah, pastinya enak sekali jika punya tanaman cabai di depan rumah.
Ciri Ciri Pohon Tanaman Cabai Hidroponik
Sumber: thehijau.com

9. Tomat

Meski banyak yang mengeluh sulit untuk menanam tomat dengan hidroponik, tetapi tanaman ini juga layak untuk dicoba. Tentu saja hasilnya akan jauh lebih segar dan berair. Namun agar sukses, kamu perlu memilih bibit yang baik. Sebab banyak yang gagal karena pada dasarnya bibit yang dipilih tidak sempurna.

10. Terong

Mirip dengan tomat, terong juga jenis sayuran yang bisa dicoba untuk menjadi tanaman hidroponik. Jika menanam terong biasanya membutuhkan lahan luas, kali ini kamu bisa mencoba menanam terong dengan lahan sempit. Teknik hidroponik menjadi pilihan yang tepat apalagi terong memiliki nutrisi yang tinggi karena mengandung vitamin B serta antioksidan.



11. Strawberry

Jus strawberry mungkin jadi minuman favorit banyak orang. Rasanya yang kecut kecut manis ini memiliki banyak penggemar. Tanaman ini memang tumbuh di dataran tinggi. Namun, kamu bisa mencoba menanam dengan hidroponik di depan rumahmu. Dengan hidroponik, tanaman strawberry akan menyerap nutrisi yang maksimal sehingga dapat tumbuh maksimal pula.

Nah, itu dia tadi deretan tanaman yang cepat panen dengan sistem hidroponik. Mana tamanan yang ingin kamu coba?

Belum ada Komentar untuk "Catat, Ini Tanaman Hidroponik yang Cepat Panen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel