Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Malaka (Phyllanthus emblica) Di Alam Liar

Malaka

Malaka atau Emblic Myrobalan (Phyllanthus emblica) kadang-kadang disebut Gooseberry di negara berbahasa Inggris, adalah spesies pohon gugur dari keluarga Phyllanthaceae. Ini memiliki buah yang dapat dimakan, dan disebut dengan nama yang sama dengan pohonnya "Malaka".

Pohon malaka berasal dari dari India dan Nepal, namun kini telah dibudidayakan diberbagai negara tropis termasuk Indonesia. Di Jawa, pohon malaka sebagian tumbuh meliar di hutan-hutan dataran rendah yang kering.

Di India, buah malaka dimakan mentah,dimasak dalam berbagai hidangan, dan digunakan dalam pengobatan tradisional Ayurveda. Sedangkan di daerah Batak Sumatra, Indonesia, kulit bagian dalam digunakan untuk memberikan rasa pahit pada kaldu sup ikan tradisional yang dikenal sebagai Holat.



SEJARAH POHON MALAKA

Dalam tradisi Buddhis, setengah buah malaka adalah hadiah terakhir untuk Sangha Buddha oleh kaisar besar India Ashoka. Ini diilustrasikan dalam Ashokavadana dalam ayat-ayat berikut:

"Seorang pendonor besar, penguasa manusia, Maurya Ashoka yang terkemuka, telah berubah dari menjadi penguasa Jambudvipa (benua) menjadi penguasa setengah myrobalan" (Strong, 1983, hlm. 99).

Dalam Buddhisme Theravada, tanaman ini dikatakan telah digunakan sebagai pohon untuk mencapai pencerahan, atau Bodhi oleh dua puluh Buddha pertama bernama Phussa Buddha.

Buah malaka ini terkenal mengandung asam askorbat dalam jumlah tinggi (vitamin C), dan memiliki rasa pahit yang mungkin berasal dari ellagitannins dengan kepadatan tinggi, seperti emblicanin A 37%, emblicanin B 33%, punigluconin 12%, dan pedunculagin 14%, juga mengandung punicafolin dan phyllanemblinin A, phyllanemblin polifenol lainnya, seperti flavonoid, kaempferol, asam ellagic, dan asam galat.


Ciri Ciri Daun Malaka


Ciri Ciri Daun Malaka
Source : flickr.com/Shubhada Nikharge

Daunnya sederhana, subsessile, berwarna hijau muda, dan menyerupai daun pinnate.


Ciri Ciri Bunga Malaka


Ciri Ciri Bunga Malaka
Source : flickr.com/Lalithamba

Bunganya berwarna kuning kehijauan dengan panjang 3-5 mm.


Ciri Ciri Buah Malaka


Ciri Ciri Buah Malaka
Source : flickr.com/Anwar Shamim

Buahnya bulat, berwarna kuning kehijauan, kulitnya halus dan keras, dengan enam garis vertikal atau alur. Buah malaka matang di musim gugur atau mendekati musim hujan.


Ciri Ciri Pohon Malaka


Ciri Ciri Pohon Malaka
Source : flickr.com/Tony Rodd

Pohon malaka mirip dengan pohon ceremai, hanya saja ia bisa tumbuh lebih besar dan dapat mencapai ketinggian 15 meter. Batangnya bengkang-bengkok, berwarna abu-abu kecoklatan, dan dengan tajuk yang terbuka. Dalam kondisi tidak memungkinkan tumbuh atau suhu yang tidak sesuai, pohon malaka dewasa akan menggugurkan daun.



Nama-nama botani sinonim untuk menyebut pohon malaka yang masih digunakan termasuk :

  • Cicca emblica
  • Diasperus emblica
  • Dichelactina nodicaulis
  • Emblica arborea
  • Emblica officinalis
  • Phyllanthus glomeratus
  • Phyllanthus mairei
  • Phyllanthus mimosifolius
  • Phyllanthus taxifolius


Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Malaka (Phyllanthus emblica) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel