Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Markisa (Passiflora edulis) Di Alam Liar

Markisa

Markisa (Passiflora edulis) atau disebut Passion fruit di negara berbahasa Inggris, adalah spesies pohon buah asli Peru, Brasil selatan, Paraguay, dan Argentina utara.

Pohon markisa banyak dibudidayakan secara komersial di daerah tropis dan subtropis karena buahnya yang manis dan nikmat.

Ada beberapa varietas buah markisa dengan penampilan luar yang berbeda. varietas 'flavicarpa' memiliki warna kulit buah kuning cerah, juga dikenal sebagai markisa kuning atau emas, dan dapat tumbuh hingga seukuran jeruk bali. Sedangkar varietas 'edulis' memiliki kulit buah ungu tua dan lebih kecil dari lemon, namun ia memiliki aroma dan rasa yang lebih manis.



Pohon markisa dibudidayakan untuk di panen buahnya, bisa dikatanan hampir seluruh negara di dunia memiliki kebun markisanya masing-masing. Di Amerika Serikat, pohon markisa ditanam di Florida, Hawaii, dan California. Untuk daerah yang memiliki salju atau subtropis, pohonnya harus dilindungi karena tidak tanah pada embun beku.

Di Indonesia sendiri ada dua jenis markisa, yaitu markisa daging putih dan daging kuning. Yang putih biasanya dimakan langsung, sedangkan kuning biasanya diolah lebih lanjut untuk membuat jus atau sirup kental.


Ciri Ciri Daun Markisa


Ciri Ciri Daun Markisa
Source : flickr.com/Passitrus

Daun markisa besar, menjari tiga, halus, berwarna hijau gelap, dan tepi daunnya kadang-kadang bergerigi.


Ciri Ciri Bunga Markisa


Ciri Ciri Bunga Markisa
Source : flickr.com/RĂºbio Oliveira

Bunga markisa tunggal, berwarna putih dan ungu dibagian dalam, lebarnya antara 5-7 cm.


Ciri Ciri Buah Markisa


Ciri Ciri Buah Markisa
Source : flickr.com/Eric Hunt

Buah markisa berbentuk bulat telur hingga lonjong, berdiameter 4-7 cm, dan isi buahnya dipenuhi dengan ratusan biji yang bisa dimakan. Kulit buah markisa agak keras dan memiliki warna kuning atau ungu.

Buah markisa mentah mengandung 73% air, 22% karbohidrat, 2% protein dan 0,7% lemak. Dalam jumlah 100 gram buah markisa segar mengandung 36% dari Nilai Harian (DV) vitamin C, serat makanan 42%, vitamin B riboflavin (11% DV) niasin (10% DV), 12% zat besi, dan 10% fosfor.


Ciri Ciri Pohon Markisa


Ciri Ciri Pohon Markisa
Source : flickr.com/salabat

Pohon markisa tumbuh merambat, biasanya tumbuh di daerah yang sejuk, dengan ketinggian 500-1.700 m dpl dan paling ideal di atas 1.000 m dpl. Pohonnya juga tumbuh baik di daerah subur dengan pH tanah normal, serta daerah dengan drainase yang baik (tidak tergenangnya air).

Pohon markisa sangat dihargai karena buahnya yang dapat dimakan dan bunganya yang indah untuk tanaman hias. Kadang pohonnya dibudidayakan hanya untuk tanaman hias.



MANFAAT POHON MARKISA :

Minyak markisa memiliki kegunaan yang luas dalam kosmetik, krim, sampo, lotion, minyak, sabun, dll. Minyaknya juga dapat digunakan baik dalam makanan, cat, sabun, dan industri lainnya.

Sementara produk kosmetik Passion Flower Oil Base, ini membantu regenerasi, menghaluskan, dan melembabkan kulit kering.

Produk yang didasari dari minya markisa memberikan sensasi rileks dan anti-stres.


Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Markisa (Passiflora edulis) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel