Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Sirsak (Annona muricata) Di Alam Liar

Sirsak

Sirsak (Annona muricata) adalah spesies pohon berbuah asli daerah tropis Amerika dan Karibia, saat ini pohon sirsak telah dibudidayakan secara luas hampir di seluruh dunia. Di Internasional, sirsak disebut dengan nama Soursop, Graviola, dan Guanábana (Amerika Latin).

Pohon sirsak irsak tumbuh dengan baik di daerah dengan kelembaban yang tinggi dan musim dingin yang relatif lebih hangat. Pohonnya tidak dapat hidup pada daerah yang memiliki suhu dingin atau bersalju.



Buah sirsak dipromosikan secara luas sebagai obat kanker, tetapi tidak ada bukti medis yang efektif untuk mengobati kanker atau penyakit apa pun hanya dengan memakan buah sirsak.


Ciri Ciri Daun Sirsak


Ciri Ciri Daun Sirsak
Source : flickr.com/Lauren Gutierrez

Daunnya lonjong atau oval, berwarna hijau gelap mengkilap, panjangnya 8-16 cm dan lebar 3-7 cm.


Ciri Ciri Bunga Sirsak


Ciri Ciri Bunga Sirsak
Source : flickr.com/Mark Egger

Bunganya muncul dari ketiak daun atau di dekat tangkai daun, dengan satu atau dua bunga, kadang-kadang tiga.


Ciri Ciri Buah Sirsak


Ciri Ciri Buah Sirsak
Source : flickr.com/Lauren Gutierrez

Buahnya berwarna hijau gelap dan berduri. Bentuknya bulat telur dan panjangnya bisa mencapai 30 cm, dengan tekstur yang agak keras. Dagingnya berair, asam, berwarna putih dan beraroma wangi yang aromatik.

Buah sirsak mentah mengandung 81% air, 17% karbohidrat, 1% protein, dan memiliki lemak yang dapat diabaikan. Dalam jumlah referensi 100 gram, buah mentah memasok 66 kalori, dan hanya mengandung vitamin C sebagai jumlah signifikan (25%) dari Nilai Harian, tanpa mikronutrien lain dalam jumlah yang cukup besar.



Pemasok utama buah sirsak di dunia adalah Meksiko, lalu diikuti oleh Peru, Brasil, Ekuador, Guatemala, dan Haiti.


Ciri Ciri Pohon Sirsak


Ciri Ciri Pohon Sirsak
Source : flickr.com/Cyril Nelson

Pohon sirsak toleran terhadap tanah yang buruk dan lebih suka tumbuh di dataran rendah antara ketinggian 0-1.200 m dpl, dan pohonnya tidak tahan suhu dingin. Spesies ini banyak dibudidayakan dalam pertanian besar di semua benua untuk dipanen buahnya yang manis dan lezat.


Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Sirsak (Annona muricata) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel