Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Kapasan (Abelmoschus moschatus) Di Alam Liar

Kapasan

Kapasan (Abelmoschus moschatus) adalah spesies tanaman berbunaga aromatik dan berkhasiat obat dalam keluarga Malvaceae, yang berasal dari daerah tropis di Asia dan Australia.

Biji buah kapasan memiliki kegunaan dalam pengobatan herbal tradisional, termasuk sebagai antispasmodik dan untuk mengobati gonore. Namun, penggunaannya dalam herbal dapat menyebabkan phytophotodermatitis dan belum terbukti aman untuk digunakan pada ibu hamil maupun menyusui.



Di setiap daerah di Indonesia, kapasan memiliki banyuak nama seperti Regula, Kaworo, Rewulow, Waron, Bukal, Kastore, dan Gandapura. Sedangkan di negaraa berbahasa Inggris ini disebut Yorka okra, Musk okra, Muskdana, Musk mallow, Rose mallow, Abelmosk, Ambrette, Galu Gasturi, dan Tropical jewel hibiscus.


Ciri Ciri Daun Kapasan


Ciri Ciri Daun Kapasan
Source : flickr.com/Ruud de Block

Daunnya tunggal, bertangkai panjang, panjang daun 18-22 cm, berbulu, dan tepinya bergerigi.


Ciri Ciri Bunga Kapasan


Ciri Ciri Bunga Kapasan
Source : flickr.com/Ruud de Block

Bunga kapasan besar dan warnanya beragam, mulai dari putih, krem, kuning, oranye, pink, dan merah. Bunganya serupa dengan bunga Pohon Waru, karena kemiripan tersebut ia terkadang disebut sebagai waru hias. Nama sinonim dalam bahasa ilmiahnya pun demikian, disamakan dengan waru, beberapa diantaranya ialah Hibiscus abelmoschus, Hibiscus amambayensis, dan Hibiscus chinensis.


Ciri Ciri Buah Kapasan


Ciri Ciri Buah Kapasan
Source : flickr.com/CANTIQ UNIQUE

Buahnya memiliki aroma musky, berbentuk kapsul dengan panjang 8 cm dan berisi banyak biji. Saat muda warnanya hijau, kerika matang akan berubah menjadi cokelat seperti kayu.



Zaman dulu, minyak dari ekstrak biji kapasan digunakan sebagai pengganti parfum untuk kesturi, untuk membuat beragam kosmetik dan dan bedak. Namun saat ini penggunaannya digantikan oleh sintetik untuk menekan biaya produksi.

Perlu diketahui, biji, daun, dan akar kapasan mengandung saponin, flavonoida, dan tanin.


Ciri Ciri Pohon Kapasan


Ciri Ciri Pohon Kapasan
Source : flickr.com/翁明毅

Pohon kapasan tumbuh sebagai semak dengan ketinggian antara 0,5-2 meter. Batangnya tegak, bulat, dan berbulu.

Pohonnya banyak ditemukan tumbuh liar di lahan-lahan terbuka yang tersorot matrahari seperti kebun kering, parit, atau sabana.


Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Kapasan (Abelmoschus moschatus) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel