Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Trengguli Wanggang Di Alam Liar

Carissia javanica

Trengguli wanggang (Cassiaf javanica) juga dikenal sebagai Java Cassia, Pink Shower, Apple Blossom Tree dan Rainbow Shower Tree adalah spesies pohon dalam keluarga Fabaceae. Asalnya dari Asia Tenggara, tetapi telah disebar luaskan di daerah tropis di seluruh dunia sebagai pohon hias dan tanam karena bunganya yang indah.

Pohon trengguli wanggang adalah salah satu dari sembilan pohon menguntungkan di Thailand, dan dikatakan pohon ini membawa keberuntungan, memastikan peringkat tinggi yang berkelanjutan dan memberikan kemenangan. Bunganya adalah menjadi lambang dari Provinsi Chainat, Thailand.



Di Indonesia pohon trengguli wanggang banyak ditemukan di Jawa dan Sumatra. Habitat asli spesies adalah Cina, Kamboja, Indonesia, Thailand, Malaysia, Myanmar, Mauritius, Amerika Serikat, dan Kepulauan Pasifik. Saat ini pohon trengguli wanggang juga ditemukan tumbuh di tempat lain termasuk India dan Filipina.

Di India, bunga trengguli wanggang mekar pada bulan April dan Mei dan buah-buahan dan daunnya akan tumbuh kembali pada bulan Desember. Di Thailand, bunga trengguli wanggang mekar antara bulan Februari hingga April. Di Jawa Timur, bunga trengguli wanggang mekar antara Oktober sampai Desember dan buah-buah dan daunnya akan tumbuh kembali di musim panas (kemarau).


Ciri Ciri Daun Trengguli Wanggang


Ciri Ciri Daun Trengguli (Cassia javanica)

Daunnya paripinnate dengan 12 pasang daun elips.


Ciri Ciri Bunga Trengguli Wanggang


Ciri Ciri Bunga Trengguli (Cassia javanica)

Bunganya berwarna merah muda pucat hingga merah dengan benang sari berwarna kuning.

Biasanya tanah di bawah pohon trengguli wanggang ditutupi warna merah muda yang indah menjelang akhir musim berbunga yang diciptakan secara alami dari bunga-bunga yang bergguguran.


Ciri Ciri Buah Trengguli Wanggang


Ciri Ciri Buah Trengguli (Cassia javanica)

Buah trengguli wanggang berbentuk polong, panjang, silinder, dan berwarna coklat gelap. Karena keindahannya, pohon trengguli wanggang ditanam sebagai pohon hias di tepi-tepi jalan, di taman, dan di halaman rumah yang luas.


Ciri Ciri Pohon Trengguli Wanggang


Ciri Ciri Pohon Trengguli (Cassia javanica)

Trengguli wanggang adalah pohon yang pertumbuhannya cepat, gugur atau semi-gugur yang berbunga di musim semi dan menggugurkan daunnya di musim dingin. Memiliki batang tegak lurus yang mencapai ketinggian 25-40 meter.



MANFAAT POHON TRENGGULI WANGGANG :

Ini digunakan secara medis sebagai pengganti Cassia fistula untuk mengobati sembelit, kolik, klorosis, dan gangguan saluran kencing.

Daunnya efektif melawan herpes simpleks dan kulit batangnya adalah salah satu bahan dalam formulasi antidiabetik ayurvedic dan obat tradisional lainnya.

Trengguli wanggang menghasilkan kayu keras dan berat yang digunakan untuk konstruksi dan pembuatan furnitur.

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Trengguli Wanggang Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel