Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Siwak (Salvadora persica) Di Alam Liar

Pohon Siwak

Siwak (Salvadora persica) adalah spesies tanaman yang telah digunakan selama berabad-abad sebagai sikat gigi alami. Cabang-cabangnya berserat, dan disebutkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk digunakan sebagai pembersih mulut.

Pohon siwak ditemukan tumbuh di dataran rendah hingga gurun, tepi sungai, dan sabana berumput. Pohon siwak ialah flora asli tanaman Timur Tengah dan Afrika.



Penggunaannya sangat popular di dunia Arab, dan juga di negara-negara yang mayoritas Muslim. Digunakan sebagai pembersih gigi, atau dalam istilahnya disebut dengan "Bersiwak", dan direkomendasikan oleh Nabi Muhammad SAW. Siwak juga tercantum dalam beberapa hadis.

Menurut ilmu kimia dan fitokimia, siwak menghasilkan karbohidrat dan atau trimetilamina, yaitu sebuah alkaloid efektif yang terdiri dari atassalvadorine, klorida, belerang, terpene, vitamin c, glikosida, tanin, saponin, flavonoid, sterol, fluoride dan silica.


Ciri Ciri Daun Siwak


Ciri Ciri Daun Siwak

Daun pohon siwak yang masih segar dapat dimakan sebagai bagian dari salad dan digunakan dalam pengobatan tradisional.


Ciri Ciri Bunga Siwak


Ciri Ciri Bunga Siwak

Bunganya kecil dan harum dan digunakan sebagai stimulan dan sedikit pencahar.


Ciri Ciri Buah Siwak


Ciri Ciri Buah Siwak

Pohon siwak menghasilkan buah kecil berwarna merah yang bisa dimakan, tumbuh bergerombol, berair dan agak pedas.


Ciri Ciri Pohon Siwak


Ciri Ciri Pohon Siwak

Pohon siwak berbentuk semak atau pohon kecil atau dengan batang bengkok-bengkok. Pohon siwak dapat mencapai ketinggian 6-7 meter di alam liar.

Kulit batang pohonnya scabrous dan pecah-pecah dan berwarna keputihan. Kulit akarnya berwarna abu-abu kecoklatan mirip dengan pasir, dan bagian dalamnya berwarna coklat terang.



MANFAAT POHON SIWAK :

Selain sebagai pembersih mulut, kayu siwak juga digunakan untuk arang dan kayu bakar. Di Namibia, dedaunan siwak digunakan sebagai pakan ternak dan buahnya dapat digunakan untuk mengekstraksi minyak deterjen.


Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Siwak (Salvadora persica) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel