Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Murbei / Mulberry (Morus nigra) Di Alam Liar

Buah Murbei

Murbei atau Mulberry (Morus nigra) adalah spesies tanaman dari keluarga Moraceae, asli dari Asia barat daya. Pohonnya sendiri telah dibudidayakan sejak zaman kuno karena buahnya yang dapat dimakan.

Pohon murbei diperkirakan berasal dari daerah pegunungan Mesopotamia dan Persia. Namun sekarang telah tersebar luas di seluruh Afghanistan, Irak, Iran, India, Pakistan, Suriah, Lebanon, Yordania, Palestina, dan Turki.

Di Turki, pohon murbei disebut dengan nama Shahtoot, di Arab Syajarat tukki, dan di negara berbahasa Inggris disebut Blackberry atau Wild Blackberry.



Pohon murbei lain kadang-kadang dibingungkan karena ada dua spesies murbei yang tumbuh di dataran Indonesia, yaitu murbei hitam dan murbei putih. Tapi, keduanya dapat dibedakan, murbei hitam memiliki permukaan daun bagian bawah berbulu sedangkan murbei putih tidak berbulu.

SEJARAH POHON MURBEI

Pohon murbei hitam (Morus nigra) diimpor ke Inggris pada abad ke-17 dengan harapan akan bermanfaat dalam budidaya ulat sutera (Bombyx mori). Sayangnya itu tidak berhasil karena ulat sutra lebih suka menghuni pohon murbei putih (Morus alba). Meski harapan tak terealisasi, tetapi pembudidayaan pada zaman itu meninggalkan warisan pohon-pohon murbei hitam berukuran besar dan tua di banyak taman dan rumah di pedesaan Inggris.

Murbei hitam telah lama dibudidayakan untuk dimanfaatkan buahnya yang dapat dimakan. Saat ini pohon murbei dinaturalisasi di sebagian besar Eropa, termasuk Ukraina.


Ciri Ciri Daun Murbei


Ciri Ciri Daun Murbei
Source : commons.wikimedia.org

Daun murbei memiliki panjang 10-20 cm, lebar 6-10 cm, permukaan bawah daunnya kasar dan berbulu.


Ciri Ciri Buah Murbei


Ciri Ciri Buah Murbei
Source : jparkers.co.uk

Buah murbei sepanjang sentimeter 2-3 cm, berbentuk cluster, termebtuk dari beberapa drupe kecil, rasanya mirip dengan murbei merah (Morus rubra) tetapi tidak seperti buah murbei putih (Morus alba) yang rasanya hambar.



Ciri Ciri Pohon Murbei


Ciri Ciri Pohon Murbei
Source : commons.wikipedia.org

Pohon murbei dapat tumbuh setinggi 10-15 meter di alam liar. Ia biasa ditemukan tumbuh meliar di area yang berdekatan dengan sumber air seperti tepi sungai, rawa, dan sawah.

Selain sebagai tanaman penghasil buah, murbei juga menjadi pohon yang sering ditanam dan dipelihara untuk dijadikan tanaman hias pekarangan dan pohon bonsai.


Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Murbei / Mulberry (Morus nigra) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel