Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Anggur Laut (Coccoloba uvifera) Di Alam Liar

Buah Anggur Laut (Coccoloba uvifera)

Anggur laut (Coccoloba uvifera) adalah spesies tanaman berbunga dalam keluarga Polygonaceae, yang berasal dari pantai-pantai pesisir di seluruh Amerika tropis dan Karibia, termasuk Florida selatan, Bahama, Antilles, dan Bermuda. Nama-nama sinonim yang sering dipakai untuk menyebut tanaman ini dalam bahasa Inggris termasuk Seagrape dan Baygrape.

Nama ilmiahnya pertama kali dideskripsikan pada tahun 1696 oleh Hans Sloane, yang menyebutnya Prunus maritima racemosa, dan Leonard Plukenet, yang menamainya Uvifera littorea. Keduanya mencerminkan konsep "Anggur Laut", dan kedua nama tersebut digunakan oleh para penjelajah pada zaman itu.



Pohon anggur laut mampu bertahan hidup hingga suhu sekitar 2 °C, namun tidak dapat bertahan hidup dari embun beku. Daunnya menjadi kemerahan sebelum layu dan gugur. Pohonnya juga tahan angin, toleran terhadap naungan dan garam, sehingga sering ditanam untuk menstabilkan tepi pantai. Kadang-kadang juga ditanam sebagai pohon hias pekarangan dan taman.


Ciri Ciri Daun Anggur Laut


Ciri Ciri Daun Anggur Laut
Source : flickr.com/flauna

Daunnya hampir bulat, dengan basis berbentuk hati,r dan memiliki tepi yang halus. Ukuran perhelai daunnya antara 12-20 cm dan berwarna hijau muda, yang kemudian akan berwarna merah saat menua dan gugur.


Ciri Ciri Bunga Anggur Laut


Ciri Ciri Bunga Anggur Laut
Source : flickr.com/Christian Defferrard

Pohon anggur laut termasuk dioecious, yaitu, bunga jantan dan betina ada pada pohon yang berbeda, dan penyerbukan silang diperlukan agar bisa berbuah. Lebah madu dan serangga lainnya membantu menyerbuki pohon ini.

Pohon jantan dan betina dapat dibedakan berdasarkan penampilan bunganya, karena yang jantan biasanya menunjukkan tangkai bunga mati.


Ciri Ciri Buah Anggur Laut


Ciri Ciri Buah Anggur Laut
Source : flickr.com/bathyporeia

Buahnya sangat enak, dan bisa digunakan untuk membuat selai atau dimakan langsung dari pohonnya.

Pada akhir musim panas, pohon anggur laut menghasilkan buah berwarna hijau, berdiameter sekitar 2 cm, dan berkelompok dalam tandan sepanjang 15-30 cm seperti anggur pada umumnya. Buahnya berangsur-angsur matang dan berubah warna menjadi ungu kehitaman.


Ciri Ciri Pohon Anggur Laut


Ciri Ciri Pohon Anggur Laut
Source : flickr.com/Forest and Kim Starr

Pohon anggur laut dapat tumbuh berbentuk semak atau pohon berukuran sedang yang mencapai ketinggian 10-15 meter. Di daerah tropis seperti Florida selatan, pohon anggur laut sering ditanam sebagai pohon perdu tepi jalanan. Sedangkan di Asia ia lebih sering digunakan sebagai pohon bonsai dan pohon hias pekarangan atau taman.


MANFAAT POHON ANGGUR LAUT :

Membantu penyu dari gangguan pantulan cahaya bangunan di dekatnya, juga sebagai tempat berteduh hewan-hewan tepi pantai.

Getahnya telah digunakan untuk pewarna tekstil.

Kayunya kadang-kadang digunakan dalam furnitur, kayu bakar, atau untuk membuat arang.

Buah anggur laut dapat dimakan dalam kondisi segar, diolah menjadi jeli dan selai, atau difermentasi menjadi anggur anggur laut.



CARA PERBANYAK / BUDIDAYA POHON ANGGUR LAUT :

Untuk membudidayakan atau memperbanyak pohon anggur laut, hanya ada dua cara, yaitu semai biji dan stek batang. Untuk cara termudah ialah dengan semai biji.

Biji yang diambil dari buah matangnya harus segera ditanam kedalam pot semai atau tanah, karena tidak seperti kebanyakan tanaman lainnya, biji anggur laut tidak dapat disimpan untuk ditanam di masa depan.


Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Anggur Laut (Coccoloba uvifera) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel