Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Bunga Anyelir (Dianthus caryophyllus) Di Alam Liar

Bunga Anyelir

Anyelir (Dianthus caryophyllus) adalah salah satu spesies tanaman berbunga, yang diyakini berasal dari wilayah Mediterania. Tetapi jangkauan pastinya tidak diketahui karena telah dibudidayakan secara luas selama lebih dari 2.000 tahun.

Pada 1753 Carl Linnaeus, seorang ahli botani menggambarkan anyelir adalah salah satu species Plantarum, dan memberinya nama Dianthus caryophyllus.

Meskipun awalnya diterapkan pada spesies Dianthus caryophyllus, nama anyelir juga sering diterapkan untuk menyebut beberapa spesies Dianthus lainnya, dan lebih khusus untuk hibrida.

Ragam Warna Bunga Anyelir
Source : flickr.com/warata


SEJARAH POHON ANYELIR

Anyelir disebutkan dalam literatur Yunani dua ribu tahun yang lalu. Istilah Dianthus diciptakan oleh ahli botani Yunani, Theophrastus, dan berasal dari kata Yunani Kuno yakni "Dios" = ilahi, dan "anthos" = bunga.

Beberapa ahli percaya bahwa nama "anyelir" berasal dari "penobatan" atau "corone" (karangan bunga), karena itu adalah salah satu bunga yang digunakan dalam mahkota upacara Yunani.

Legenda lain menjelaskan, bahwa Sosok Dewi bernama Diana mendatangi bocah gembala dan menyukainya. Tapi bocah itu, entah kenapa, menolaknya. Diana membuka matanya dan melemparkan bunga dianthus/anyelir ke tanah, dan tumbuh.



Anyelir ditemukan tumbuh meliar di negara-negara Mediterania seperti di Kroasia, Yunani, Italia, dan Spanyol.

Untuk bisa tumbuh anyelir membutuhkan drainase yang baik, lembap, dan sinar matahari penuh. Sejumlah kultivar telah dipilih untuk dijadikan tanaman hias dan tanaman farmasi. Contoh 'Gina Porto', 'Helen', 'Laced Romeo', dan 'Red Rocket'. Mereka digunakan untuk keperluan medis, seperti untuk mengobati sakit perut dan demam.


Ciri Ciri Daun Anyelir


Ciri Ciri Daun Anyelir
Source : flickr.com/enbodenumer

Daunnya hijau keabu-abuan glaucous ke biru-hijau, ramping, dan panjangnya sekitar 15 cm.


Ciri Ciri Bunga Anyelir


Ciri Ciri Bunga Anyelir
Source : flickr.com/enbodenumer

Bunga-bunganya tumbuh secara tunggal atau bersamaan dalam satu cyme, berdiameter sekitar 3-5 cm, dan beraroma harum. Warna bunga asli anyelir adalah merah muda terang keunguan, tetapi kultivar memiliki variasi warna lain, termasuk merah, putih, kuning dan hijau.

Bunganya hermafrodit, wangi, dan memiliki simetri radial. Empat hingga enam yang mengelilingi daun kelopak, berbentuk telur, dan ujungnya hanya ¼ sepanjang tabung kelopak.


Ciri Ciri Pohon Anyelir


Ciri Ciri Pohon Anyelir
Source : flickr.com/enbodenumer

Anyelir dapat tumbuh hingga 80 cm sampai 1 meter.


TRADISI PENGGUNAAN BUNGA ANYELIR :

Pada tahun 1907, Anna Jarvis memilih anyelir sebagai lambang Hari Ibu karena itu adalah bunga favorit ibunya. Tradisi ini sekarang dihargai di Amerika Serikat dan Kanada pada hari Minggu kedua bulan Mei. Ann Jarvis memilih bunga anyelir putih karena ia ingin mewakili kemurnian cinta seorang ibu. Makna ini telah berkembang dari waktu ke waktu, dan sekarang anyelir merah dapat digunakan jika ibumasih hidup, dan yang putih jika ibu sudah meninggal.





Di Korea, anyelir menggambarkan kekaguman, cinta, dan terima kasih. Anyelir merah dan pink digunakan pada Hari Orang Tua, pada 8 Mei, dan Hari Guru 15 Mei.

Selain kedua tradisi negara diatas, anyelir merah juga digunakan pada Hari May Day sebagai simbol sosialisme dan gerakan buruh di beberapa negara, seperti Austria, Italia, dan negara-negara penerus bekas Yugoslavia. Anyelir merah juga merupakan simbol Revolusi di Portugal.


Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Bunga Anyelir (Dianthus caryophyllus) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel