Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Asem Londo (Pithecellobium dulce) Di Alam Liar

Asem Londo (Pithecellobium dulce)

Asem Londo atau Asem Belanda (Pithecellobium dulce) adalah spesies tanaman berbunga dalam keluarga Fabaceae, yang berasal dari pesisir Pantai Pasifik dan dataran tinggi yang berdekatan dengan Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan bagian utara.

Ini adalah spesies yang diperkenalkan dan dinaturalisasi di Florida, Karibia, Guam, India, Bangladesh, Sri Lanka, Pakistan, Thailand dan Filipina. Asem londo dianggap sebagai spesies invasif di Hawaii.

Pohona asem londo tahan terhadap cuaca panas dan dapat bertahan hidup di tanah kering hingga ketinggian 1.500 mdpl. Itu membuat pohon asem lono cocok untuk ditanam sebagai pohon peneduh jalanan.



Pohon asem londo dikenal dengan nama yang berbeda-beda di setiap daerah, misalnya saja di Meksiko, pohon ini dikenal sebagai Huamuche, Guamuche, Cuamúchil, Guamúchil, dan Cuamúchil. Di Puerto Rico, ini juga disebut Pinzán atau Guamá. Sedangkan di Kolombia dikenal sebagai Chiminango. Orang-orang Inggris dan AS menyebutnya sebagai Madras Thorn atau Monkeypod, nama ini juga populer dan menjadi nama sinonim terkenalnya.

Selain nama umum yang digunakan masyarakat, nama-nama dalam ilmu bonati untuk menyebut pohon asem londo juga sangat banyak dan berbeda-beda genus dalam pengartiannya. Apa-apa saja nama botani untuk menyebut pohon asem londo? Berikut ini daftarnya :

  • Pithecollobium dulce (nama botani aslinya)
  • Pithecellobium littorale 'Record'
  • Acacia obliquifolia
  • Albizia dulcis 'F.Muell'
  • Feuilleea dulcis 'Kuntze'
  • Inga camatchili
  • Inga dulcis
  • Inga javana
  • Inga lanceolata 'Blanco'
  • Inga pungens
  • Mimosa dulcis
  • Mimosa edulis 'Gagnep'
  • Mimosa unguis-cati 'Blanco'


Diatas adalah sederet nama-nama botani atau nama ilmiah untuk menyebut pohon asem londo.

Seperti apa bentuk pohon asem londo yang punya banyak nama ini? Berikut foto ciri-cirinya :


Ciri Ciri Daun Asem Londo


Ciri Ciri Daun Asem Londo

Daunnya bipinnate, setiap pinna memiliki sepasang daun, bentuknya bulat telur bulat telur, panjangnya sekitar 2 hingga 4 cm.


Ciri Ciri Bunga Asem Londo


Ciri Ciri Bunga Asem Londo

Bunganya berwarna putih kehijauan, harum, panjangnya sekitar 12 cm (meskipun tampak lebih pendek karena bunganya melingkar).

Bunga-bunga asem londo menghasilkan buah yang berubah menjadi merah muda ketika matang, biasanya pada bulan Maret hingga April.


Ciri Ciri Buah Asem Londo


Ciri Ciri Buah Asem Londo

Buahnya berwarna hijau saat muda dan berubah merah cerah saat matang. Biji di dalam buahnya buat kecil dan berwarna hitam mengkilap.


Ciri Ciri Pohon Asem Londo Di Alam Liar


Ciri Ciri Pohon Asem Londo

Pohon asem londo adalah dapat mencapai ketinggian sekitar 20 hingga 25 meter. Batangnya berduri, berwarna abu-abu kehitaman, dan kulit batangnya pecah-pecah.


MANFAAT POHON ASEM LONDO :

Buah asem londo mengandung pulp asam manis yang dimakan mentah di Meksiko dan India sebagai pengiring berbagai hidangan daging, dan digunakan sebagai bahan dasar untuk minuman dengan gula dan air ('agua de guamúchil').

Sejumlah penelitian sejak tahun 80-an telah menyelidiki penggunaan benih asem londi, pada akhirnya dibuktikan bahwa bijinya dapat diproses untuk mengekstraksi minyak, yang ketika disuling dan dianalisis merupakan asam lemak yang berpotensi bisa untuk dimakan manusia (komposisi yang tepat bervariasi tergantung pada penelitian, tetapi semua sepakat bahwa zat asam oleat dan asam palmitat yang terkandung di dalamnya adalah umum).



Kulit batangnya digunakan sebagai obat tradisional untuk disentri dan antipiretik di India.

Minyak yang terkandung dalam biji asem londo berjumlah 10-17% dari berat biji. Bijinya juga mengandung 37,5-67,11% protein, yang menurut para peneliti mungkin di masa depan akan digunakan sebagai pakan ternak.

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Asem Londo (Pithecellobium dulce) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel