Artikel Pilihan

Cara Merawat dan Budidaya Krokot Mawar (Portulaca grandiflora)

Cara Merawat dan Budidaya Krokot Mawar

Krokot (Portulaca grandiflora) atau disebut "Moss Rose" dalam bahasa Inggris, adalah jenis tanaman berbunga famili Portulacaceae, terdiri dari sekitar 60-100 spesies yang ditemukan di daerah tropis dan daerah beriklim hangat. Tanaman ini berasal dari Brasil, Argentina, dan Uruguay, dan kemudian menyebar ke seluruh dunia bagian tropis.

Krokot termasuk tanaman penutup tanah yang benar-benar indah dengan pertumbuhan yang cepat dan rendah. Bunganya sangat mudah tumbuh tanpa mengenal musim, itu bisa dinikmati kapanpun terlebih di musim kemarau.



Untuk merawat tanaman krokot mawar cukup sederhana, bisa dilakukan dengan cara perawatan standar yang sama dengan tanaman-tanaman tropis lainnya. Ok, mari kita lihat apa yang dibutuhkan untuk perawatan tanaman krokot mawar dibawah ini.


CARA MERAWAT TANAMAN KROKOT MAWAR

Portulaca grandiflora
Source : parkswholesaleplants.com

Tanaman krokot mentolerir banyak jenis tanah, tetapi ia lebih suka tanah berpasir, berdrainase baik, dan menyukai sinar matahari penuh.

  • 1.) Itu artinya, kamu harus menempatkan tanaman krokot dibawah sinar matahari langsung tanpa terhalang oleh naungan.
  • 2.) Pencampuran sedikit pasir pada media tanam akan membuat krokot semakin subur dan tumbuh baik.
  • 3.) Karena krokot adalah tanaman yang menyukai panas, maka penyiraman harus dilakukan seminimal mungkin. Pastikan media tanamnya tidak selalu lembap.


CARA BUDIDAYA TANAMAN KROKOT MAWAR

Budidaya Krokot Mawar
Source : thegardenhelper.com

Krokot tumbuh merumpun dan menyebarkan biji-bijinya tepat dibawah tanaman induk. Ia bisa meluas dengan sangat cepat pada tempat yang lapang dan kering.

  • 1.) Menempatkan induk tanaman krokot pada pot atau tanah langsung (ground). Pastikan jika kamu menempatkannya di tanah, letaknya tidak berdekatan dengan sumber air (misalnya selokan atau genangan air saat hujan).
  • 2.) Menjauhkan pohon-pohon besar dari sekitarnya, hal ini agar krokot langsung tersorot oleh sinar matahari selama kurang lebih 6-8 jam setiap harinya. Berarti, dinding yang dapat menghalangi sinar matahari bisa menjadi masalah perkembangbiakan krokot.
  • 3.) Krokot tidak tumbuh meninggi dan tidak memiliki duri untuk melindungi tubuhnya. Oleh karena itu, hewan seperti ayam, kucing, dan anjing bisa saja mengganggu lokasi pertumbuhan krokot. Maka, pemilihan lokasi yang tepat saat membudidayakan krokot sangatlah penting.
  • 4.) Pembudidaya dan tukang taman biasanya memberikan mulsa pada area sekitar krokot tumbuh (contohnya lihat gambar teratas artikel ini). Mulsa ditaburkan untuk menghalau pertumbuhan rumput liar dan gulma disekitar tanaman krokot, bertujuan untuk memberikan semua nutrisi yang ada di tanah hanya untuk krokot.




MANFAAT TANAMAN KROKOT

Krokot memiliki kandungan zat portulal, betacyanin, betanin, dan betandin, sehingga ia dapat digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan, radang, memar, penyakit kulit, dan luka bakar.

Sederet tips dan Cara Merawat dan Budidaya Krokot Mawar (Portulaca grandiflora) diatas dapat kamu jadikan referensi. Penanaman krokot di lahan terbuka yang kering dan berpasir memiliki kemungkinan yang lebih besar bagi krokot untuk menyebar / berkembangbiak.

Belum ada Komentar untuk "Cara Merawat dan Budidaya Krokot Mawar (Portulaca grandiflora)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel