Artikel Pilihan

Hal yang Membuat Pohon Mangga Tidak Kunjung Berbuah

Pohon Mangga
Menanam pohon mangga memanglah menyenangkan karena selain mudah, pohon ini juga tidak butuh perawatan yang terlalu ribet. Pohon mangga juga bisa ditanam di lahan yang tidak terlalu luas di dalam pot. Selain itu, pohon ini sangat cocok ditanam di Indonesia karena iklimnya yang tropis. 

Namun, merawat pohon mangga tidaklah semudah itu. Tetap banyak masalah yang harus anda hadapi, misalnya seperti tidak pernah berbuah. Usia yang produktif bagi pohon ini adalah sekitar 1,5 tahun sampai 2 tahun. Jika lebih dari 2 tahun dan tidak kunjung berbuah, mungkin anda harus melihat beberapa hal yang mungkin menghambat pertumbuhannya dulu. 

Kenapa Pohon Mangga Tidak Berbuah 

Pohon Mangga
Sumber: Neisha-diva.com

1. Belum Saatnya 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya kalau pohon mangga akan masuk dalam usia yang produktif pada saat berumur 1,5 tahun sampai 2 tahun untuk bisa berbuah. Jika pohon yang anda tanam belum mencapai usia tersebut, besar kemungkinan belum saatnya tanaman ini untuk berbuah. 

Karena itu, sangat penting untuk mencatat waktu anda menanam pohon ini agar anda tahu kapan waktu yang produktif bagi tanaman ini. Jika memang belum mencapai waktu produktifnya, pohon ini tidak akan pernah berbuah. 

2. Terjadi Mutasi Gen 

Hal yang menyebabkan pohon mangga tidak berbuah yang satu ini memang agak sulit dideteksi, yaitu mutasi gen yang menyebabkan kemandulan pada tanaman. Ada banyak sekali penyebab mutasi gen pada tanaman terjadi. Namun, umumnya mutasi gen pada tanaman terjadi karena ada perubahan urutan nukleotida. 

Hal yang bisa menyebabkan mutasi gen adalah cara anda menanamnya dan pemberian pupuk yang salah. Jika anda telah melakukan berbagai usaha untuk membuat tanaman ini berbuah dan ternyata tidak pernah berbuah, besar kemungkinan hal ini disebabkan karena mutasi gen yang menyebabkan tanaman ini mandul. 

3. Memberikan Pupuk yang Tidak Tepat 

Salah satu hal yang membuat tanaman dapat tumbuh dengan lebat dan sehat adalah pupuk. Namun, masih banyak kesalahan yang dilakukan orang dalam pemberian pupuk. Orang berpikir kalau memberikan banyak pupuk, maka tanaman akan cepat berbuah juga. 

Sebenarnya pemberian pupuk haruslah tepat, tidak boleh terlalu banyak ataupun terlalu sedikit. Memberikan pupuk yang terlalu sedikit memang membuat tanaman ini tidak bisa tumbuh dengan baik karena kekurangan nutrisi. Pada akhirnya, buah mangga tidak kunjung tumbuh. 

Pemberian pupuk yang terlalu berlebihan, terutama dalam unsur nitrogen akan membuat pohon mangga terlalu rimbun sehingga sebagian tajuknya tertutupi oleh daun. 

Hal ini membuat tajuk tersebut tidak bisa mendapatkan sinar matahari yang cukup. Padahal sinar matahari dibutuhkan oleh seluruh bagian dari pohon mangga. Tanpa sinar matahari yang cukup, proses fotosintesis tidak berlangsung dengan maksimal sehingga karbohidrat yang didapatkan juga sedikit. 

Karbohidrat berfungsi membuat bunga tumbuh dan mekar. Jika karbohidrat pada tanaman hanya ada sedikit, bunga yang tumbuh juga sedikit. Kalau bunganya sedikit, proses pembuahan terjadi jadi berkurang sehingga peluang tanaman ini untuk berbuah juga jadi berkurang. 

4. Diserang Hama 

Hama merupakan musuh alami bagi anda yang menanam tanaman, termasuk pohon mangga. Ada banyak hama yang sering kali merugikan pohon yang satu ini, sebut saja kutu putih, wereng mangga, penggerek mangga, hingga lalat buah. 

Kebanyakan hama tersebut akan menghisap nutrisi yang terdapat di dalam batang, daun, hingga bunga. Bagian yang sudah diserang oleh hama akan kering dan akhirnya layu. 

Saat bunga menjadi layu, proses pembuahan tidak akan terjadi. Begitu juga dengan bagian lain, akan kering dan mati hingga akhirnya membuat pohon mangga menjadi mati. 

5. Terserang Penyakit 

Masalah berikutnya adalah penyakit. Penyakit tidak hanya menghinggapi manusia dan hewan saja. Tanaman juga bisa diserang oleh penyakit. Penyakit pada pohon mangga ada banyak dan umumnya disebabkan oleh jamur. 

Jamur ini juga dapat tumbuh ketika hama menyerang pohon mangga dan meninggalkan bekas luka. Salah satu cara termudah yang dapat anda lakukan ketika pohon ini terserang penyakit adalah memotong bagian yang sudah terinfeksi. 

Tanda-tanda pohon sudah terinfeksi jamur juga berbeda-beda, ada yang menunjukkan bercak cokelat hingga hitam. Ada pula yang membuat daun dan bunga menjadi kering dan menggulung. 

6. Air yang Terlalu Banyak atau Sedikit 

Pohon mangga juga tidak akan bisa berbuah kalau tidak disiram air. Dari air, tanaman ini juga mendapatkan berbagai nutrisi yang dibutuhkan untuk membuat buah mangga tumbuh. 

Selain itu, air yang terlalu banyak justru membuat tanaman ini jadi busuk dan tidak akan pernah berbuah. Karena itu, anda juga harus memperhatikan volume air yang anda berikan. 


Cara Mempercepat Pembuahan Pohon Mangga 

Cara membuat pohon mangga cepat berbuah adalah dengan merangsang proses pembuahannya. Anda harus membuat semua nutrisi, terutama dari akar mengalir ke bagian batang. 

Memotong salah satu bagian dan melukai batang pohon mangga bisa membuat distribusi nutrisi jadi lebih fokus ke bagian tersebut untuk proses penyembuhan. Coba ikat salah satu ranting agar distribusi karbohidrat dari daun ke akar juga terhambat. 
Pohon Mangga
Sumber: Flickr.com

Apakah anda sudah tahu apa yang menyebabkan pohon mangga anda tidak kunjung berbuah? Cobalah beberapa trik agar tanaman ini bisa berbuah.

Belum ada Komentar untuk "Hal yang Membuat Pohon Mangga Tidak Kunjung Berbuah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel