Artikel Pilihan

Tips Menanam Bonsai Sakura Untuk Menghias Rumah

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai apa saja yang perlu diketahui tentang tanaman bonsai sakura. Tanaman ini dapat menjadi pilihan bagi anda sebagai penghias rumah yang indah dan elegan. Bagi anda yang menginginkan pemandangan berbeda yang khas di rumah anda, tak ada salahnya jika anda menanam satu di rumah anda.

Pohon bonsai sakura sendiri menggunakan biji sakura layaknya pohon sakura pada umumnya. Namun, ada beberapa langkah untuk dapat mempertahankan ukurannya menjadi sekecil mungkin. Ada beberapa pengetahuan tambahan yang perlu anda dapat untuk bisa menanam dan merawat tanaman bonsai sakura dengan baik. Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda ikuti untuk dapat merawat bonsai sakura dengan metode yang paling baik:

Penanaman

Ciri Ciri Pohon Bonsai Sakura

Langkah yang pertama anda perlu lakukan adalah menyiapkan segala hal untuk bisa menanam dan merawat bonsai sakura dengan ideal. Barang-barang yang anda butuhkan adalah biji bonsai sakura, pot tanaman bonsai, pupuk, gunting untuk memotong dahan, tang, kawat, agregat, dan juga tanah.



Anda bisa memilih untuk menanam bonsai sakura mulai dari biji, atau dalam bentuk pohon sakura yang sudah jadi. Langkah penanaman mulai dari biji akan memakan waktu lebih lama namun prosesnya akan jauh lebih memuaskan. Apabila anda memilih cara yang cepat, anda bisa langsung membeli bonsai sakura yang sudah jadi, jadi anda tinggal membentuknya sesuai dengan keinginan anda.

Apabila anda memutuskan untuk menanam biji sakura, pastikan biji sakura yang anda beli bisa tumbuh dengan baik. Untuk memastikannya, masukkan biji-biji sakura kedalam mangkuk yang berisi air. Ada beberapa biji yang mengambang dan ada pula yang tenggelam. Ambil biji yang tenggelam dan buang sisanya.

Sebelum memasukkan dalam pot, anda harus menumbuhkan biji sakura tersebut. Caranya, adalah dengan memasukkan biji sakura dalam pot yang kecil sampai ia cukup kuat untuk dimasukkan dalam pot yang lebih besar. Metode ini memang membutuhkan kesabaran yang luar biasa. Pastikan biji sakura mendapatkan sinar matahari yang cukup untuk bisa berkembang.

Repotting

Repotting adalah sebuah metode untuk memindahkan pohon bonsai sakura dari satu tempat ke tempat lain. Metode ini harus dilakukan secara berkala untuk menyediakan lahan yang segar bagi bonsai untuk tumbuh. Pot yang digunakan pun harus memiliki drainase air yang baik untuk mencegah adanya pembusukan.

Langkah ini harus anda lakukan paling tidak dua sampai tiga tahun sekali. Hal ini penting untuk menyediakan nutrisi yang baru bagi pohon bonsai. Jangan gunakan kembali tanah yang lama, karena seluruh nutrisinya sudah dimanfaatkan. Tanah organik yang baru tentu akan jauh lebih berguna bagi pertumbuhan bonsai.

Penyiraman Bonsai Sakura

Pohon bonsai sakura membutuhkan banyak air untuk tumbuh, jadi pastikan untuk memberinya kadar air yang cukup. Agar nutrisi dan manfaat dari air dapat terserap dengan baik, pastikan anda menyiram bonsai pada saat tanah dalam keadaan kering saja. Namun anda perlu ingat juga bahwa tanah yang terlalu kering tidak baik bagi tanaman bonsai.

Jadi, pastikan untuk menyiram tanaman bonsai sampai kadar maksimum airnya cukup. Cara mudah untuk mengetahuinya adalah melubernya air dari lubang-lubang drainase di pot. Siram tanaman pada saat tanah menunjukkan keadaan kering, dan jangan sampai menyiram terlalu banyak, karena bisa menimbulkan jamur pada akar-akar bonsai.



Pemangkasan dan Pembentukan

Ciri Ciri Pohon Bonsai Sakura
Sumber: amazonaws.com
Setiap orang memiliki preferensi mereka sendiri-sendiri akan gaya bonsai mereka. Sebagai seorang penanam bonsai, anda juga harus mengerti bagaimana bentuk bonsai yang anda inginkan. Untuk bisa mencapainya, lakukan langkah pembentukan dengan penggunaan kawat. Langkah ini bisa dilakukan pada saat batang bonsai masih dalam keadaan lunak.

Pengawatan setelah bonsai tumbuh dewasa akan jauh lebih sulit karena batangnya sudah mengeras. Selain daripada pengawatan, anda juga harus melakukan pruning atau pemangkasan. Proses pemangkasan dilakukan untuk mempercantik gaya serta merangsang pertumbuhan cabang atau daun yang baru.

Hama dan Penyakit

Bonsai sakura pun tidak terhindari dari adanya hama. Hama yang paling mengganggu adalah burung yang suka memakan bunga-bunga sakura. Selain burung, cacing juga tertarik untuk memakan dedaunan sakura. Jadi pastikan anda melakukan penyiraman pestisida secara berkala. Terus pantau bonsai sakura anda dari hama, karena hama sekecil apapun dapat merusak kerja keras anda.

Belum ada Komentar untuk "Tips Menanam Bonsai Sakura Untuk Menghias Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel