Artikel Pilihan

Mengenal Fungsi Kandungan Nitrogen dalam Pupuk NPK

Pertanian menjadi salah satu bisnis yang cukup menjanjikan. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara mencapai produktivitas tinggi namun dengan biaya produksi yang rendah. Nah, salah satu caranya adalah memberikan nutrisi yang tepat.

Salah satu cara memberikan nutrisi adalah dengan memberikan pupuk. Ada banyak kandungan dalam pupuk yang baik untuk tanaman. Salah satunya adalah nitrogen. Kandungan ini sangat baik untuk tanaman dan umumnya terkandung dalam pupuk NPK.

Ciri Ciri Pohon Pupuk NPK

Maka tak heran jika banyak petani yang memilih pupuk NPK sebagai cairan nutrisi yang tepat. Tak hanya kandungan nitrogen dalam pupuk NPK, karakteristik pupuk yang mudah diserap air membuat biaya produksi jadi lebih efisien dan juga efektif. Jadi keuntungannya sangat banyak mulai dari pupuk yang efektif hingga tanaman yang tumbuh subur.



Mengenal Manfaat Unsur Hara Pada Tanaman

Nutrisi yang dibutuhkan tanah semuanya ada di dalam unsur hara. Sebagai tanaman, tentunya perlu tumbuh tempat yang tepat. Salah satu syaratnya adalah memiliki unsur hara. Tanah menjadi media yang sangat tepat karena unsur hara di dalamnya sangat cukup untuk menghidupi tumbuh kembang tanaman.

Maka kamu jangan heran jika banyak tanaman liar yang bisa tumbuh padahal tidak dirawat. Kandungan unsur hara di dalam tanaman membuat tanaman liar itu bisa tumbuh dengan subur. Selama masih ada air dan cahaya matahari pastinya tanaman tersebut akan tumbuh subur.

Tapi jangan samakan semua tanaman bisa tumbuh dengan sendirinya. Sebab jika kamu mulai mencoba bercocok tanam dan mencoba mengambil keuntungan darinya, maka yang wajib kamu perhatikan adalah kandungan unsur hara yang harus terpenuhi di dalam sebuah proses penanaman.

Maka dari itu, kamu membutuhkan pupuk yang mengandung unsur hara. Beberapa jenis unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman antara lain Nitrogen, Phospat dan Kalium. Ketiga unsur ini ternyata ada di dalam pupuk NPK. Maka banyak yang mengatakan bahwa pupuk ini adalah pupuk majemuk.


Mengenal Manfaat Nitrogen

Nah, sekarang mari membahas lebih lanjut mengenai nitrogen. Unsur hara satu ini sangat penting bagi pertumbuhan tanaman tetapi sering berubah dari segi ikatan kimia. Maka dari itu sangat rawan jika terjadi hujan atau misalnya terlalu mendapatkan banyak sinar matahari. Tanaman menyerap nitrogen dalam bentuk NO3 atau nitrat serta NH4+ atau ammonium. Maka dari itu, cara memberikan pupuk juga penting supaya kandungannya tidak berkurang.

Lantas apa saja fungsi nitrogen bagi tanaman? Secara umum nitrogen memiliki fungsi untuk merangsang sebuah pertumbuhan tanaman. Kerja nitrogen sangat lengkap karena mempercepat pertumbuhan di seluruh bagian mulai dari batang sampai daun. Nitrogen merupakan zat penyusun dari asam nukleat dan protein dalam tanaman.
Ciri Ciri Pohon Pupuk NPK
Sumber: ulyadays.com

Jika Tanaman Kelebihan atau Kekurangan Nitrogen

Penting bagi petani memakai kandungan nitrogen dalam pupuk NPK. Sebab, ada banyak masalah yang ditimbulkan apabila mengalami kekurangan nitrogen. Biasanya tanaman akan mengalami masalah pada daun. Pertumbuhan daun menjadi menguning karena adanya masalah pada pembentukan klorofil.

Selain itu, masalah ini biasanya dimulai pada daun yang usianya tua. Kamu bisa melihat tanda-tanda yang dimulai dari bagian tulang daun. Tak hanya berbahaya jika mengalami kekurangan nitrogen. Tanaman juga sebaiknya jangan mendapatkan nitrogen yang berlebih.

Kelebihan nitrogen membuat warna tanaman menjadi gelap. Selain itu tanaman akan jadi mudah rusak karena membeku dan dingin . Memang pertumbuhan vegetatif akan menjadi lebih cepat. Namun, hal ini bisa berdampak buruk bagi tanaman.



Dosis pemberian nitrogen sangat perlu diperhatikan supaya efisien dan efektif. Dalam memberikan unsur hara, para petani juga wajib melihat bagaimana kondisi cuaca. Sebab dalam kondisi ekstrem pastinya unsur nitrogen akan sangat berisiko hilang atau tercuci. Jadi, kamu bisa mempelajari dan menganalisis dengan cara terus menanam dan mencoba.

Nah itu dia sederet manfaat hingga kandungan nitrogen yang kaya manfaat bagi tanaman. Jika kamu memang tertarik terjun dalam bisnis satu ini, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu memang paham mengenai kondisi nutrisi tanaman.

Faktor terpenting panen yang berhasil adalah memahami cara agar nutrisi tanaman terpenuhi. Pemenuhan unsur nitrogen adalah salah satu caranya saja. Masih ada faktor lain yang wajib kamu ketahui sebagai seorang petani.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Fungsi Kandungan Nitrogen dalam Pupuk NPK"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel