Artikel Pilihan

Teknik Menanam Anggrek Hidroponik, Bisa Langsung Coba di Rumah

Siapa bilang hidroponik tidak bisa dipakai untuk menanam bunga? Jika kamu sudah terbiasa dengan menanam hidroponik saatnya untuk mencoba menanam bunga. Tentu saja kamu membutuhkan skill yang lebih ketika ingin menanam bunga. Tetapi bukan berarti tidak bisa bukan?

Salah satu yang bisa dicoba adalah menanam anggrek hidroponik. Anggrek merupakan salah satu tanaman berbunga dengan jenis spesies terbanyak. Anggrek sendiri memang banyak hidup di daerah tropis. Maka tak heran jika kamu akan menemukan berbagai varian anggrek dengan mudah di Indonesia.

Selain untuk ditanam, anggrek juga bisa dijadikan bunga potong. Bahkan beberapa orang mengolah anggrek menjadi parfum. Ternyata tanaman ini sendiri memiliki banyak manfaat bagi manusia. Lalu, bagaimana caranya menanam dengan hidroponik?



Nah, hidroponik merupakan cara menanam tanpa memakai tanah sebagai media tanamnya. Meskipun memang tanaman membutuhkan unsur hara dalam tanah, tetapi dengan nutrisi yang cukup pastinya tanaman bisa tumbuh dengan maksimal.
Ciri Ciri Pohon Anggrek Hidroponik


Persiapkan alat bahan yang digunakan

Pertama-tama, kamu perlu menyiapkan beberapa hal sebelum menanam anggrek secara hidroponik. Pertama kamu perlu menyiapkan media tanam. Biasanya memakai pelet tanah liat. Kemudian siapkan gelas plastik bekas air mineral.

Kamu juga perlu menyiapkan nutrisi tanaman hidroponik yang khusus bunga. Jangan lupa untuk menyiapkan bibit bunga anggrek. Kamu juga perlu menyiapkan alat potong untuk melubangi gelas plastik.

Cara menanam anggrek hidroponik

Setelah sudah siap alat dan bahannya saatnya kamu memulai menanam anggrek hidroponik. Pertama-tama, kamu perlu melubangi gelas plastik. Buatlah dua lubang berjajar. Buat lubang kurang lebih 5 cm dari dasar gelas dengan diameter kurang lebih 05, cm.

Setelah sudah siap potnya, masukkan media tanam pelet tanah liat ke dalam gelas tersebut. Masukkan sampai setinggi lubang yang sudah dibuat. Setelah itu, masukkan anggrek ke dalam gelas. Tambahkan sedikit pelet tanah liat untuk menutupi akar anggrek.
Nah setelah itu kamu bisa menaruh pot atau gelas yang sudah berisi anggrek tadi di atas tatakannya. Kamu bisa menambahkan air yang sudah ditambahkan larutan nutrisi ke dalam gelas tersebut. Ketika sudah mendapatkan nutrisi, kamu bisa langsung menyimpannya di tempat teduh.

Dalam fase ini jangan letakkan bibit anggrek di bawah sinar matahari. Setelah itu, kamu bisa menunggu anggrek sampai berbunga. Agar aman dari sinar matahari sebaiknya kamu menyimpan anggrek sebagai hiasan di dalam ruangan. Namun, kamu harus tepat memeriksa air nutrisi di dalam gelas plastik.

Jika air nutrisi berkurang, kamu harus langsung mengisinya. Ingat bahwa tanaman berbuah dan berbunga hidroponik membutuhkan air nutrisi yang banyak. Jangan sampai air nutrisi dalam kondisi rusak misalnya muncul lumut atau tampak berbau.

Ciri Ciri Pohon Anggrek Hidroponik
Sumber: bjcentre.com


Tips sukses menanam anggrek hidroponik

Meskipun tidak boleh terkena sinar matahari langsung, tanaman anggrek tetap harus mendapatkan asupan matahari. Luangkan waktu untuk menjemur bunga anggrek pada pukul 6 pagi sampai 10 pagi. Selain itu, kamu perlu memilih bibit bunga yang bagus.

Banyak anggrek yang gagal tumbuh karena bibitnya sudah kurang baik. Jadi saat membeli bibit sebaiknya berkonsultasi dengan pedagangnya terlebih dahulu. Jika mau cepat, kamu bisa memilih tanaman anggrek yang sudah muncul bunga pertamanya. Hal ini cocok bagi pemula yang mencoba menanam anggrek dengan hidroponik.

Tips sukses berikutnya adalah memastikan gelas sebagai wadah tanaman cukup menampung tanaman tersebut. Jangan sampai tanaman anggrek yang kamu tanam terlalu besar. Hal ini akan membuat tanaman tidak berkembang dengan baik. Kamu bisa memakai wadah seperti toples bekas yang pastinya menampung air lebih banyak.



Wah ternyata menanam tanaman bunga secara hidroponik bisa dibilang cukup mudah. Hanya saja kamu perlu memberikan perhatian ekstra. Apalagi banyak penyakit tanaman yang menghampiri tanaman bunga termasuk anggrek.

Kamu juga sebaiknya membeli bibit dan nutrisinya di tempat yang biasa menjual perlengkapan hidroponik. Semakin baik bibit dan nutrisinya tentunya akan menghasilkan tanaman yang terbaik. Apalagi banyak spesies anggrek yang bisa kamu tanam. Tentunya kamu akan semakin bersemangat begitu melihat pertumbuhan tanaman anggrek yang begitu indah.

Belum ada Komentar untuk "Teknik Menanam Anggrek Hidroponik, Bisa Langsung Coba di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel