Artikel Pilihan

Jangan Sampai Salah, Ini Cara Mencampur Nutrisi Untuk Tanaman Hidroponik

Hidroponik merupakan salah satu terobosan dalam hal bercocok tanam. Jika kamu memilih hidroponik sebagai metode cocok tanam, pastinya tidak membutuhkan tanah. Kamu bisa menggunakan media lain seperti rockwool, arang sekam dan juga cocopeat.

Nah, perbedaan media tanam ini yang juga membedakan hal lainnya termasuk soal nutrisi. Jika biasanya menanam dengan tanah atau yang memiliki kandungan unsur hara yang cukup maka pupuk menjadi asupan nutrisi yang tepat. Namun jika menggunakan hidroponik, nutrisi yang diberikan tentu berbeda.
Ciri Ciri Pohon Nutrisi Hidroponik

Jika kamu ingin memulai mencoba bercocok tanam dengan hidroponik, alangkah baiknya kamu mengetahui beberapa hal berikut ini seputar nutrisi hidroponik. Tak hanya mengetahui apa itu nutrisinya, kamu juga harus mengetahui caranya untuk mencampur nutrisi tersebut.


1. Mengenal nutrisi hidroponik

Nutrisi yang digunakan untuk cocok tanam hidroponik adalah pupuk AB mix. Pupuk ini bentuknya bubuk namun agar bisa dipakai pada tanaman hidroponik, perlu dilarutkan dalam air. Sebenarnya, apa yang membedakan pupuk AB mix dengan nutrisi pupuk lainnya?

Pupuk AB mix mengandung zat makro dan mikro yang sangat lengkap. Kandungan ini akan memenuhi kebutuhan gizi tanaman hidroponik secara keseluruhan. Formula dari pupuk AB Mix ini sudah diformulasikan secara khusus sehingga sudah sesuai dengan fase pertumbuhan berbagai tanaman hidroponik.

2. Cara mencampur nutrisi hidroponik

Seperti yang sudah disampaikan di atas, pupuk AB mix perlu dilarutkan terlebih dahulu sebelum dipakai. Sesuai namanya nutrisi hidroponik memiliki dua jenis yaitu jenis A dan B. Nah sebelum mencampur keduanya, kamu harus tahu takaran yang pas dan cara mencampur keduanya.

Bukan berarti karena harus mencampur nutrisi tersebut kamu langsung benar-benar mencampurnya. Sebab, ada beberapa tips dan trik yang wajib kamu ketahui sebelum melakukan pencampuran nutrisi AB Mix ini. Berikut langkah mudah yang bisa kamu coba di rumah.

Pertama, kamu harus menyiapkan atau membeli terlebih dahulu nutrisi hidroponik AB mix. Kamu bisa menemukannya dengan mudah di berbagai toko online yang menjual perlengkapan hidroponik.
Ciri Ciri Pohon Nutrisi Hidroponik
Sumber: gurusdkami.blogspot.com
Setelah itu, kamu perlu menyiapkan dua buah botol yang diisi dengan kurang lebih setengah liter air. Kemudian larutkan formula A ke botol yang satu dan formula B ke botol lainnya. Kamu harus memastikan seluruh bubuk nutrisi terlarut dengan baik. Jika kamu memiliki alat aduk, coba pakai alat tersebut untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Setelah diaduk dan benar-benar larut, cobalah mengambil 5 ml dari setiap larutan tersebut. Kemudian campurkan keduanya. Kamu juga perlu menyiapkan satu tempat yang berisi satu liter air. Pastikan air di dalamnya memiliki pH sekitar 5,5 sampai 7,0.

Setelah dicampur, nutrisi AB mix kini sudah siap digunakan. Kamu bisa menyimpan hasil campuran ini pada botol sebagai stok. Selain pupuk yang harus larut dengan baik, kamu juga harus memperhatikan air yang dipakai. Kadar asam yang tidak sesuai menyebabkan larutan nutrisi menjadi rusak sehingga dapat pula merusak tanaman.

3. Cara memberi nutrisi

Berikutnya yang perlu kamu ketahui adalah cara yang tepat untuk memberikan nutrisi tersebut kepada tanaman hidroponik. Saat memasukkan nutrisi, jangan langsung mencampurkan nutrisi ke tanaman. Kamu perlu menyiapkan wadah tertentu sebagai wadah air nutrisi.

Setelah itu, barulah kamu masukkan campuran air yang sudah dibuat tadi. Takaran yang pas sangat dibutuhkan karena kalau melebihi dosis, tanaman bisa jadi mati dan tidak berkembang dengan maksimal. Kamu juga perlu diingat bahwa cairan nutrisi ini perlu diganti.



Kamu harus memantau cairan nutrisi karena biasanya cairan nutrisi perlu diganti dua minggu sekali. Cairan nutrisi hidroponik yang kotor dan berlumut justru akan membuat tanaman menjadi rusak. Begitu pula dengan wadah yang kamu pakai untuk mencampur. Pastikan dalam kondisi bersih supaya tidak merusak air nutrisi ya.

Nah itu dia tadi beberapa hal seputar nutrisi hidroponik yang wajib kamu ketahui. Perlu diingat bahwa cairan nutrisi ini yang cukup memainkan peran penting sebab tanaman hidroponik yang tidak tumbuh pada tanah yang memiliki unsur hara. Jadi, tanaman yang tumbuh sangat menggantungkan hidupnya pada ketersediaan nutrisi tadi. Selamat mempraktekkan cara mencampur nutrisi hidroponik ini ya.

Belum ada Komentar untuk "Jangan Sampai Salah, Ini Cara Mencampur Nutrisi Untuk Tanaman Hidroponik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel