Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Kiwi (Actinidia deliciosa) Di Alam Liar

Kiwi

Kiwi atau Chinese Gooseberry (Actinidia deliciosa) adalah pohon asli Cina selatan, yang buahnya telah dinyatakan sebagai buah nasional negara tersebut. Selain di Cina, pohon kiwi juga ditemukan di Jepang Rusia timur.

Pohon kiwi tumbuh secara alami pada ketinggian antara 600-2.000 m dpl. Pohonnya termasuk pohon kuat yang dapat tumbuh setinggi 10 meter di alam liarnya.



Di Cina, pohon kiwi menghuni daerah pegunungan di hulu Sungai Yangtze. Ia juga tumbuh di daerah lain di Cina, termasuk Sichuan.

Pada 2016, produksi dunia buah kiwi mencapai 4,3 juta ton, dipimpin oleh Cina dengan 56% dari total, disusul oleh Italia dan Selandia Baru pada posisi kedua dan ketiga.


Ciri Ciri Daun Kiwi


Ciri Ciri Daun Kiwi
Source : flickr.com/Forest and Kim Starr

Daunnya oval sampai hampir bundar dan panjangnya 7-12 cm. Daun muda dilapisi dengan bulu halus merah, sedangkan daun dewasa berwarna hijau tua dan tidak berbulu.


Ciri Ciri Bunga Kiwi


Ciri Ciri Bunga Kiwi
Source : flickr.com/WageSlavery

Bunga kiwi pada awalnya berwarna putih, kemudian berubah menjadi kekuningan, dan lebarnya 2-5 cm.


Ciri Ciri Buah Kiwi


Ciri Ciri Buah Kiwi
Source : flickr.com/sdcwa

Buah kiwi dapat mencapai panjang 6,5 cm. Kulit buahnya berwarna cokelat dengan bulu-bulu halus pendek. Warna daging buahnya hijau terang atau kadang-kadang kuning kecoklatan, berair, dan lezat.


Ciri Ciri Pohon Kiwi


Ciri Ciri Pohon Kiwi
Source : flickr.com/Parchen

Pohon kiwi menempati tumbuh dibeberapa lokasi di Cina, ia dapat merambat mencapai tinggi 6-10 meter. Pohonnya termasuk pohon gugur yang akan merontokkan daunnya di musim dingin dan kembali memnunculkannya di musim semi.



Kultivar kiwi yang dikenal luas adalah Actinidia deliciosa 'Hayward' yang dikembangkan oleh Hayward Wright di Avondale, Selandia Baru, sekitar tahun 1924. Ini adalah kultivar pohon kiwi yang paling banyak ditanam di dunia.


Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Kiwi (Actinidia deliciosa) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel