Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Chinese Quince (Pseudocydonia sinensis) Di Alam Liar

Chinese Quince

Chinese Quince (Pseudocydonia sinensis) adalah pohon dalam keluarga Rosaceae, asli Cina dan satu-satunya dalam genus Pseudocydonia.

Pohon quince cina terkait erat dengan genus Chaenomeles, dan kadang-kadang disebut dengan nama yang sama. Akan tetapi, keduanya memiliki perbedaan di bagian duri dan bunganya. Quince Cina juga bersaudara dengan Quince Eropa (Cydonia oblonga), perbedaannya tampak pada daun yang bergerigi dan kurangnya bulu.



Di Cina pohon ini disebut Mùguā (木瓜), sedangkan di Korea disebut Mogwa-namu (모과 나무). Lalu, di Indonesia dan macanegara disebut dengan nama bekennya, Quince.


Ciri Ciri Daun Chinese Quince


Ciri Ciri Daun Chinese Quince
Source : flickr.com/Kew

Daunnya sederhana dengan panjang 6-12 cm dan lebar 3-6 cm. Tumbuh secara bergantian, teratur, dan memiliki tepi bergerigi.


Ciri Ciri Bunga Chinese Quince


Ciri Ciri Bunga Chinese Quince
Source : flickr.com/Liliana Puyo

Bunga quince berdiameter 2-4 cm, memiliki lima kelopak, dan berwarna pink pucat. Ia menghasilkan bunga di pertengahan musim semi.


Ciri Ciri Buah Chinese Quince


Ciri Ciri Buah Chinese Quince
Source : flickr.com/gartenknorze

Buah quince berbentuk bulat telur, besar, berukuran panjang 12-17 cm, dan dengan lima karpel. Buahnya mengeluarkan bau manis ketika matang di akhir musim gugur.

Buahnya dapat diolah menjadi selai dan menjadi salah satu komposisi dalam obat tradisional Tiongkok untuk mengobati Rheumatoid Arthritis (peradangan sendi akibat sistem kekebalan tubuh yang menyerang jaringannya sendiri).



Studi farmakologis terbaru menunjukkan ekstrak phytochemical dari buah chinese quince memiliki sifat antioksidan dan antivirus.


Ciri Ciri Pohon Chinese Quince


Ciri Ciri Pohon Chinese Quince
Source : flickr.com/Blake C. Willson

Chinese quince ialah pohon berganti daun (gugur) yang dapat tumbuh mencapai ketinggian 15 meter, dengan mahkota ranting yang padat.

Di Eropa selatan, pohon ini sering ditanam sebagai tanaman hias di pekarangan atau taman. Sedamglam di Asia timur, ia menjadi subjek pohon bonsai yang banyak ditanam di dalam pot.


Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Chinese Quince (Pseudocydonia sinensis) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel