Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Gurun Pasir / Eufrat (Populus euphratica) Di Alam Liar

Pohon Eufrat

Pohon Gurun Pasir atau Eufrat (Populus euphratica) adalah spesies pohon yang tumbuh di padang pasir dan dalam keluarga pohon willow.

Pohon eufrat memiliki penyebaran yang sangat luas, ia tumbuh secara alami dari Afrika Utara, melintasi Timur Tengah dan Asia Tengah hingga Cina bagian barat. Pohon-pohonnya dapat ditemukan di hutan kering pada ketinggian hingga 4.000 m dpl.



Pohon eufrat berperan penting dalam ekosistem di dataran banjir tugay, di sepanjang lembah sungai di daerah kering dan semi kering. Pohonnya tumbuh baik di tanah yang lembap dan tergenang air musiman dan toleran terhadap air garam dan payau.


Ciri Ciri Daun Eufrat


Ciri Ciri Daun Eufrat
Source : flickr.com/Rafael Medina

Daunnya sangat bervariasi, tergantung dimana mereka tumbuh. Bentuknya mulai dari bulat hingga oval dan memiliki tepi yang bergerigi. Saat musim gugur dedaunanya akan berubah warna menjadi kuning cerah.


Ciri Ciri Pohon Eufrat


Pohon Eufrat
Source : flickr.com/Viktor Chenovsky

Eufrat adalah pohon gugur berukuran sedang yang dapat tumbuh hingga ketinggian sekitar 15 meter dan diameter batang 2,5 meter.

Batangnya sering tumbuh melekuk-lekuk dan bercabang banyak, batang tuanya memiliki kulit kayu yang tebal dan kasar. Sementara akar menyebar luas tetapi tidak dalam.



Pohon eufrat sering dimanfaatkan kayunya untuk pembuatan kertas. Ia juga digunakan dalam program penghijauan dan mengatasi erosi di daerah gurun.


Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Gurun Pasir / Eufrat (Populus euphratica) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel