Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Mickey Mouse (Ochna serrulata) Di Alam Liar

Bunga Mickey Mouse

Pohon bunga mickey mouse (Ochna serrulata) adalah spesies tumbuhan semak berbunga yang berasal dari Afrika dan termasuk genus tumbuhan Ochna. Dinamai "Mickey Mouse" karena helai kelopak bunga yang berwarna merah cerah, menyerupai wajah Mickey Mouse.

Tanaman ini pertama kali dideskripsikan oleh naturalis Jerman, Christian Ferdinand Friedrich Hochstetter, dan diberi nama binomial saat ini oleh Wilhelm Gerhard Walpers. Julukan spesifiknya berasal dari serrula Latin "gergaji kecil", dan mengacu pada gigi halus di daunnya.



Tanaman ini berasal dari hutan Afrika Selatan, dan di seluruh negeri, dari Cape Town di selatan, di sepanjang pantai timur sejauh Kwazulu-Natal, dan pedalaman melalui Swaziland dan Gauteng.

Pohon mickey mouse temasuk tanaman tangguh dan mudah beradaptasi, karena ia dapat tumbuh di lahan terbuka dibawah sinar matahari yang panas maupun di bawah naungan hutan lebat yang teduh.


Ciri Ciri Daun Mickey Mouse


Ciri Ciri Daun Mickey Mouse

Daunnya berbentuk bujur sangkar dan berukuran panjang 30-60 mm dengan lebar 8-15 mm, berwarna hijau mengkilap dengan gerigi halus di sepanjang tepi daun.


Ciri Ciri Bunga Mickey Mouse


Ciri Ciri Bunga Mickey Mouse

Bunga-bunganya berwarna kuning dan harum yang berdiameter sekitar 2 cm. Bunga Mickey Mouse mekar pada musim semi (peralihan dari musim dingin ke musim panas)

Bunganya menarik lebah dan kupu-kupu, sedangkan burung cenderung memakan buah dari tanaman.


Ciri Ciri Buah Mickey Mouse


Ciri Ciri Buah Mickey Mouse

Buahnya tumbuh pada sepal, berdiameter 5 mm, berwarna hijau pucat dan menjadi hitam setelah tua. Saat buah berkembang, sepal membesar dan berubah menjadi merah terang, apabila pohon ini subur, saat berbunga seluruh tanaman terlihat tampak menjadi merah seluruhnya.

Sepal merahnya dapat bertahan sekitar akhir musim panas.


Ciri Ciri Pohon Mickey Mouse Di Alam Liar


Ciri Ciri Pohon Mickey Mouse

Bentuk tanaman mickey mouse adalah semak kecil yang tumbuh antara 1-2 meter, meskipun kadang-kadang dapat menjadi pohon kecil hingga ketinggian 6 meter (tapi jarang ditemukan).


Pohon mickey mouse telah dibudidayakan secara luas di luar Afrika Selatan sebagai tanaman hias dan pagar hidup. Di Hawaii tanaman ini menjadi salah satu dari beberapa spesies tanaman hias bunga yang dihargai.




Tapi telah menjadi gulma di New South Wales dan Queensland selatan di Australia timur. Dan di Selandia Baru, tanaman ini terdaftar sah sebagai Hama Tanaman Nasional yang dilarang penjualan, perbanyakan, dan distribusinya secara komersial.

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Mickey Mouse (Ochna serrulata) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel