Artikel Pilihan

Beberapa Perawatan yang Harus Anda Lakukan Untuk Pohon Apel

Pohon Apel

Menanam pohon apel bisa menjadi tantangan tersendiri karena pohon yang satu ini cukup rewel, terutama untuk iklim tempat anda menanamnya. Pohon apel bisa tumbuh dengan optimal kalau anda menanamnya pada suhu yang dingin dengan tingkat kelembapan yang cukup tinggi. Inilah yang menjadi alasan pohon ini hanya tumbuh di beberapa daerah di Indonesia. 

Meski tidak tinggal di iklim yang sesuai dengan keinginan pohon apel, anda tetap bisa menanamnya. Namun, mungkin anda membutuhkan usaha yang lebih keras. Salah satu hal yang harus anda maksimalkan agar pohon ini dapat tumbuh dengan baik adalah perawatannya. Karena itu, ada beberapa perawatan yang harus anda lakukan untuk pohon ini. 

Perawatan Untuk Pohon Apel 

Pohon Apel
Sumber: Pixabay.com

1. Penyulaman 

Kalau anda menanam pohon apel dalam jumlah yang banyak, pasti ada beberapa pohon yang gagal tumbuh. Biasanya pohon yang mati ini karena belum siap untuk ditanam atau mengalami kesalahan saat ditanam. 

Anda pasti ingin mendapatkan hasil yang seragam, mulai dari kualitas buah yang dihasilkan sampai waktu panen yang sama. Karena itu, anda harus melakukan penyulaman untuk mendapatkan hasil yang seragam. 

Melakukan cara penyulaman, siapkan terlebih dahulu lahan yang tempat tanaman tidak dapat tumbuh. Setelah itu, langsung timpakan dengan bibit apel yang baru dan lakukan langkah penanaman dan perawatan seperti pada umumnya. 

2. Penyiangan 

Tanaman gulma merupakan tanaman yang sering tumbuh di sekitar pohon yang ditanam dengan baik, seperti pohon apel ini. Tujuan tanaman gulma ini tumbuh di sekitar pohon yang ditanam dengan baik adalah untuk mengambil nutrisi dari tanaman tersebut. 

Jika tanaman gulam tersebut dibiarkan terus, maka pohon apel dapat mengalami kekurangan nutrisi sehingga akhirnya buah yang dihasilkan kurang optimal. Untuk mengatasinya, anda dapat melakukan penyiangan. 

Penyiangan dilakukan dengan mencabut tanaman gulma yang tumbuh di sekitar pohon apel. Anda dapat mencabutnya langsung dengan tangan atau menggunakan alat, seperti sabit. 

Setelah melakukan penyiangan, langsung lakukan penggemburan tanah untuk memastikan kalau tidak ada akar yang tersisa di tanah. Setelah mencabut tanaman gulma, anda bisa membakarnya agar tidak ada akar yang terjatuh di tanah. 

3. Pembubunan 

Setelah melakukan penyiangan, biasanya para petani apel juga melakukan pembubunan. Perawatan yang satu ini memiliki tujuan untuk memperkuat batang serta akar tanaman agar tumbuh semakin kuat. 

Pembubunan juga dapat mendekatkan unsur hara di dalam tanah ke akar, memperbaiki peredaran udara, membuat tanah tidak tergenang air, sehingga membuat tanah menjadi lebih gembur. 

Anda membutuhkan cangkul kecil untuk melakukan pembubunan. Cangkul lahan yang telah melewati proses penyiangan sedalam 10 cm, berikan pupuk yang biasa anda gunakan, dan timbun tanah tempat anda mencangkul ke dekat akar dari pohon apel. 

Pohon apel yang sering dilakukan pembubunan menghasilkan buah yang lebih berkualitas karena memiliki akar yang lebih kokoh serta pertumbuhan yang normal. 

4. Pemangkasan 

Pemangkasan merupakan perawatan yang umum dilakukan untuk tanaman hias. Namun, pohon apel juga butuh pemangkasan. Anda perlu memangkas pohon yang satu ini mulai dari tunas. 

Pangkas bibit yang baru ditanam hingga setinggi 80 cm. Setiap tumbuh ruas dari pucuk juga perlu dipangkas. 

Bagian lain yang perlu ada pangkas adalah bagian yang telah mengalami kerusakan atau telah mati. Pangkas bagian daun yang telah mengering, cabang yang telah layu, serta buah yang membusuk. 

Jika tidak segera dipangkas, bagian tersebut dapat menghambat pertumbuhan pohon apel. Selain itu, pangkas juga beberapa bagian yang terkena penyakit atau hama agar tidak menular ke bagian yang lain. Bekas tangkai buah yang telah anda panen juga perlu di pangkas. 

Anda dapat menggunakan gunting, gergaji, atau sabit untuk memangkas bagian-bagian yang sudah tidak diperlukan. Pastikan anda tidak melukai bagian yang masih sehat. 

5. Pemupukan dan Penyiraman 

Pohon apel membutuhkan pupuk secara rutin, setidaknya setiap bulan. Anda juga harus menambah jumlah pupuk setiap musim hujan karena dibutuhkan unsur hara yang cukup banyak untuk menggantikan unsur hara yang larut terbawa air hujan. 

Selain pemupukan, perawatan yang paling penting untuk pohon apel adalah penyiraman. Anda perlu menyiram pohon ini secara rutin setiap hari, terutama ketika baru ditanam. Anda dapat mengurangi frekuensi penyiraman setelah pohon ini tumbuh dewasa. 


Cara Mengolah Media Tanam Untuk Pohon Apel 

Mengetahui perawatan yang harus diberikan untuk pohon apel memang penting. Namun, mengetahui pengolahan media tanam untuk pohon yang satu ini tidak kalah penting. Media tanam yang baik akan membuat pohon ini tumbuh lebih berkualitas lagi. 

Siapkanlah peralatan, seperti cangkul agar proses pengolahan media tanam bisa lebih mudah dilakukan. 

Buka lahan dengan cara mencangkul tanah dan memastikan tidak ada sisa tanaman atau sampah yang tertinggal di tanah. Setelah itu buat bedengan untuk pohon apel agar pohon bisa ditanam dengan posisi yang lebih tinggi. 

Jangan lupa juga memeriksa kadar asam dari tanah, pastikan tidak kurang dari 6. Jika ternyata kurang dari 6, anda bisa memberikan kapur agar tanah menjadi netral. 
Pohon Apel
Sumber: Pixabay.com

Apakah anda sudah memberikan perawatan yang tepat untuk pohon apel? Pastikan anda sudah memberikannya.

Belum ada Komentar untuk "Beberapa Perawatan yang Harus Anda Lakukan Untuk Pohon Apel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel