Artikel Pilihan

Wisata Kebun Sakura di Kebun Raya Cibodas

Bunga sakura yang indah dapat menjadi pemandangan yang menarik untuk dilihat. Karena sifat dasar pohon sakura yang bisa hidup pada suhu yang sejuk, ada beberapa negara Asia Tenggara yang ternyata bisa menjadi lahan yang cocok untuk menanam pohon sakura, salah satunya adalah Indonesia.

Di Indonesia sendiri ada beberapa lokasi yang digunakan sebagai tempat penanaman sakura. Anda bisa menemukan beberapa lokasinya di lokasi yang sejuk, seperti di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Anda pun bisa menemukan sebuah lokasi yang kaya akan tanaman sakura, yakni di Kebun Raya Cibodas. Anda pun bisa menikmati wisata kebun sakura di lokasi wisata edukasi ini. Penasaran? Mari kita lihat bersama-sama.

Kebun Raya Cibodas

Ciri Ciri Pohon Wisata Sakura

Bagi yang belum tahu, Kebun Raya Cibodas ini terletak di kaki Gunung Gede, tepatnya di daerah Cianjur, Jawa Barat. Lokasi yang sejuk nan asri ini merupakan tempat yang sangat cocok bagi sakura. Kebun Raya ini memiliki luas area sebesar 84,99 hektar, yang berisikan banyak jenis flora yang dapat anda saksikan.



Ada satu bagian dari kebun raya ini yang berisikan banyak sekali pepohonan sakura, bernama Sakura Garden. Kebun sakura ini sebenarnya memiliki sejarah yang cukup unik. Jadi, jauh sebelum kebun ini dibentuk, beberapa pohon sakura sudah mulai ditanam. Penanaman sakura dimulai pada 13 Mei 1971, dan kemudian ditandai sebagai cikal bakal Sakura Garden.

Sakura Garden ini sendiri dibentuk pada tahun 2007, jauh setelah sakura pertama ditanam. Ada kurang lebih 4 jenis sakura yang ditanam di sini, dan sekarang, jumlah total pohon sakura yang ada di lokasi ini mencapai 435 pohon. Ratusan pohon ini ditanam di kebun seluas 6.647 meter. Tidak hanya kebun saja, di area ini anda juga bisa menemukan air terjun Cibogo.

Air yang mengalir dari air terjun ini membentuk sungai kecil yang melalui Sakura Garden ini. Membuat sebuah pemandangan alam yang sangat menakjubkan untuk diabadikan. Dengan alasan keindahan inilah, banyak pengunjung yang antusias untuk mengunjungi Sakura Garden, terutama pada saat bunga-bunga sakura mulai mekar.

Mekarnya Sakura di Sakura Garden

Sakura yang ditanam di sini akan mulai mekar pada sekitar bulan April. Tiap tahunnya, pohon-pohon ini akan mekar sebanyak dua kali. Namun, durasi mekarnya bunga sakura di sini sangat berbeda dengan di Jepang. Apabila di negara tersebut sakura bisa bertahan hingga satu minggu, pohon sakura di sini hanya mekar selama 4 hari saja, setelah itu mati.

Maka dari itu, mekarnya sakura di Kebun Raya ini membuat event ini menjadi langka. Banyak orang yang ingin sekali mencoba wisata kebun sakura yang ada di tempat ini. Sampai-sampai, tempat parkir mobil seringkali penuh, dan ada beberapa orang yang memarkirkan mobilnya di area kebun.
Mekarnya bunga sakura yang sebentar ini bisa dipengaruhi oleh cuaca dan iklim.

Seperti yang anda tahu, Indonesia merupakan negara yang tropis. Suhu yang panas ini sebenarnya tidak sesuai dengan siklus hidup sakura yang membutuhkan area yang sejuk untuk tumbuh. Jadi, meski masih dapat tumbuh dengan baik, bunga sakura yang mekar akan memiliki waktu yang sedikit sekali untuk bertahan.



Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Sakura Garden

Ciri Ciri Pohon Wisata Sakura
Sumber: i1.wp.com
Wisata kebun sakura di Kebun Raya Cibodas ini berisikan berbagai aktivitas yang menarik untuk dilakukan. Pengunjung yang datang biasanya akan menggelar matras plastik tepat di sekitar pepohonan sakura. Hampir sama dengan festival Hanami di Jepang, pengunjung juga bisa bersantai sambil bersenang-senang menikmati pemandangan sakura.

Banyak dari mereka yang juga membuat tenda di sekitar tempat ini. Dengan begitu, mereka bisa tetap bertahan di lokasi selama berhari-hari untuk menikmati pemandangan sakura yang tengah mekar. Pengunjung juga tak lupa mengabadikan momen indah bersama sakura yang jarang dijumpai di negara kita ini.

Sungai kecil yang dapat ditemukan di kebun ini menjadi arena bermain yang aman bagi anak-anak. Karena tergolong dangkal, anak-anak bisa bermain dengan bebas di sini, disertai pengawasan dari orang tua tentunya. Air yang mengalir dari air terjun Cibogo adalah air segar khas pegunungan, yang segar dan nikmat apabila digunakan untuk membasuh wajah.

Belum ada Komentar untuk "Wisata Kebun Sakura di Kebun Raya Cibodas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel