Artikel Pilihan

Sejarah Penyebaran Pohon Mangga yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Menanamnya

Ciri Ciri Pohon Mangga

Tentunya kamu sangat mengenal dengan tanaman yang satu ini, yaitu pohon mangga. Pohon yang buahnya enak ini sangat populer di Indonesia. Namun, siapa sangka asal tanaman mangga ini bukan dari Indonesia melainkan dari daratan India.

Penasaran dengan sejarah pohon mangga yang sangat populer di Indonesia ini? Simak saja asal usul tanaman mangga dan sejarah penyebarannya berikut ini.

Asal Usul Pohon Mangga yang Perlu Kamu Tahu

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa tanaman yang satu ini, pohon mangga berasal dari India. Di negara asalnya tanaman mangga dipercaya sebagai bentuk penjelmaan dari Dewa Prajapati. Tanaman yang satu ini diperkirakan tumbuh berkembang di India sekitar abad IV sampai dengan abad V Sebelum Masehi (SM).



Pada tahun 327 SM, lembah India tepatnya lembah Indus kedatangan Alexander Agung, Raja dari Makedonia. Raja Alexander Agunglah yang pertama kali melihat tanaman mangga tumbuh lebat di lembah Indus ini. Sejak saat itu, buah mangga menjadi bahan perbincangan masyarakat luas di India.

Asal Usul Nama Mangga

Menurut catatan sejarah asal usul nama mangga berasal dari bahasa Tamil, India. Nama mangga berasal dari kata mankay atau man-gas. Tanaman ini terus berkembang dan menyebar hingga akhirnya populer di seluruh India.

Seiring perkembangan pohon mangga yang terus menyebar, para ahli mengklasifikasikannya dalam bahasa Botani. Adapun dalam bahasa Botani, nama mangga disebut dengan Mangifera Indica L. Hingga akhirnya tanaman mangga semakin populer.
Ciri Ciri Pohon Mangga
Sumber: pixnio.com
Kepopuleran tanaman mangga ini dituliskan oleh seorang penulis bernama Huien T’Sang dalam sebuah buku di tahun 632 – 645 SM. Sejak saat itu tanaman mangga menyebar hingga ke daratan Eropa, Asia sampai dengan Indonesia.

Sejarah Penyebaran Pohon Mangga di Negara Barat dan Afrika

Bukan rahasia lagi, pohon mangga dikenal memiliki buah yang lezatnya rasanya. Oleh karena itu, tidak heran jika penyebaran tanaman mangga dari India ke negara Barat hingga benua Amerika begitu pesat.

Kepopuleran mangga ini masuk ke negara Barat pada abad pertengahan, tepatnya abad XVIII. Masuknya tanaman mangga di negara Barat ini berkat campur tangan bangsa Portugal. Mereka menyebar luaskan tanaman mangga di Brasil dan Lisabon dan berkembang pesat.

Penyebaran tanaman mangga tidak hanya berhenti di Brasil dan Lisabon saja. Pada abad XIX, bangsa Portugal kembali memperkenalkan pohon mangga di negara Afrika Timur. Dari Afrika Timur inilah tanaman mangga menyebar luas hingga ke negara-negara Afrika Barat, tepatnya Kepulauan Canari dan Somalia.

Lalu, pada tahun 1779, bibit mangga ditanam di Meksiko. Kepopuleran buah mangga di negara barat membuat negara Italia dan Inggris pun tergiur untuk membudidayakan buah mangga.

Adapun bibit mangga dibudidayakan di Italia Bagian Selatan pada tahun 1870. Kemudian diikuti masuknya bibit mangga ke Inggris pada tahun 1890. Di Inggris untuk yang pertama kalinya bibit mangga dibudidayakan di rumah kaca.

Sejarah Penyebaran Pohon Mangga di Benua Amerika

Pada tahun 1833, seorang penduduk Florida, Amerika Serikat menanam bibit mangga di lingkungannya. Bibit mangga tersebut diambil dari Meksiko. Namun, budidaya bibit mangga dari Meksiko tersebut tidak berhasil sempurna.

Kegagalan tersebut membuat pemerintah Amerika Serikat mendatangkan bibit mangga hasil okulasi asli dari India pada tahun 1885. Namun, budidaya mangga hasil okulasi dari India ini tidak berhasil juga. Hingga akhirnya, pemerintah AS mendatangkan kembali bibit sambung lengkung sebanyak 35 bibit mangga dari India.

35 bibit mangga sambung lengkung dari India tersebut berhasil dibudidayakan di Florida. Keberhasilan tersebut membuat Florida dikenal sebagai salah satu negara bagian produsen mangga di Amerika Serikat. Sejak saat itu, pemasaran mangga asal Florida ini cukup populer hingga ke California dan beberapa negara bagian di Amerika Serikat.


Sejarah Penyebaran Pohon Mangga di Daratan Asia

Sejarah penyebaran pohon mangga di daratan Asia juga tidak kalah pesatnya dibandingkan di negara Barat dan Amerika Serikat. Pada tahun 1741, seorang ahli Botani bernama Rumphius mencatat bahwa masuknya bibit mangga ke benua Asia di akhir abad pertengahan.

Penyebaran bibit mangga di benua Asia ini diawali dengan budidaya mangga di India Bagian Timur tepatnya di perbatasan Myanmar. Jadi, menurut Rumphius, bibit mangga ini berasal dari perbatasan antara India dan Myanmar.

Dari perbatasan antara India dan Myanmar inilah, bibit mangga masuk ke Malaysia. Masuknya bibit mangga ke negara Asia berkat campur tangan pedagang India, tepatnya pada abad V SM. Perkembangbiakkan mangga di Malaysia cukup pesat hingga akhirnya mangga dibudidayakan di Filipina.

Tepatnya pada tahun 1400 sampai dengan 1450, bibit mangga dibudidayakan di Kepulauan Mindanau dan Sulu, Filipina. Kemudian pada tahun 1600, bibit mangga juga dibudidayakan di Pulau Lizon, Filipina. Budidaya pohon mangga di Filipina dinilai membuahkan hasil yang memuaskan.



Sama halnya dengan Filipina, budidaya mangga di Indonesia juga memuaskan hingga saat ini. Bibit mangga masuk ke Indonesia pertama kali pada tahun 1665 di Kepulauan Maluku. Masuknya bibit mangga ke Indonesia dibawa oleh pedagang India yang berdagang rempah-rempah di Kepulauan Maluku.

Sejak saat itu bibit mangga di Indonesia tumbuh subur. Keberhasilan budidaya mangga di Indonesia ini karena bibit mangga cocok dengan iklim tropis Indonesia. Hingga saat ini, banyak sekali bibit mangga hasil okulasi di Indonesia, seperti: mangga arum manis, mangga Kemang, mangga apel sampai dengan mangga alpukat yang berasal dari Pasuruan, Jawa Timur.

Itulah sejarah penyebaran pohon mangga yang perlu kamu tahu. Pastinya menanam bibit mangga di Indonesia sangat menguntungkan. Itu karena Indonesia memiliki iklim tropis yang cocok dengan syarat tumbuh tanaman mangga.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Penyebaran Pohon Mangga yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Menanamnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel