Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Glodokan Tiang (Polyalthia longifolia) Di Alam Liar

Glodokan Tiang

Glodokan Tiang (Polyalthia longifolia) adalah pohon yang selalu hijau, biasanya ditanam karena efektivitasnya dalam mengurangi polusi suara. Pohonnya tumbuh tinggi membentuk piramida simetris, cabang-cabang terjumbai, daun lanset panjang dengan margin bergelombang.

Kadang-kadang pohon glodokan tiang seringkali salah diidentifikasi sebagai pohon Ashoka (Saraca indica) karena kemiripannya.

Banyak orang mungkin keliru menganggapnya sebagai pohon tanpa cabang, tetapi pada kenyataannya pohon glodokan tiang tumbuh memiliki cabang (tapi cabang-cabang itu sering memangkas untuk menciptakan penampilan yang dekoratif).



Pohon glodokan tiang memiliki banyak nama dan berbeda-beda di setiap wialah, nama-nama tersebut termasuk Nettilinkam, Unboi, Debadaru, Asopalav, Ashoka, dan Buiddha Tree.

Pohonnya ditemukan tumbuh liar di India dan Sri Lanka. Saat ini pohon glodokan tiang diperkenalkan ke banyak negara tropis di seluruh dunia termasuk Indonesia, kepulauan Karibia di Trinidad dan Tobago.

Di masa lalu, batang pohon glodokan tiang, yang fleksibel dan lurus sering digunakan dalam pembuatan tiang kapal layar. Itulah sebabnya pohon itu juga dikenal sebagai Pohon Tiang atau Pole Tree.


Ciri Ciri Daun Glodokan Tiang


Daun Glodokan Tiang
Source : flickr.com/Cerlin Ng

Daunnya berwarna hijau ke coklatan dan lembut saat disentuh. Bentuk daunnya seperti tipis, panjang, dan memiliki tepi bergelombang.


Ciri Ciri Bunga Glodokan Tiang


Source : flickr.com/Dinesh Valke

Bunganya berwarna putih kehijauan dan berbentuk seperti bintang.


Ciri Ciri Buah Glodokan Tiang


Source : flickr.com

Buahnya bergerombol, berbentuk bulat, berukuran kecil, dan berwarna hijau saat muda kemudian merah dan menghitam ketika masak.


Ciri Ciri Pohon Glodokan Tiang


Pohon Glodokan Tiang
Source : flickr.com/Forest and Kim Starr

Di alam liar pohonnya dapat tumbuh menjadi pohon besar dengan banyak cabang dan tingginya mencapai 30-35 meter.

Di zaman sekarang, pohon glodokan tiang selain sebagai pohon hias juga digunakan untuk membuat barang-barang kecil seperti pensil, kotak penyimpanan, korek api, dll.


Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Glodokan Tiang (Polyalthia longifolia) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel