Artikel Pilihan

Mengulik Berbagai Manfaat Pohon Kopi

ciri ciri pohon kopi

Halo para pecinta kopi! Sudah tahu belum manfaat dari tanaman kopi apa saja? Jangan - jangan selama ini hanya menikmati kopi tanpa mengetahui manfaat di dalamnya. Ah, sayang sekali. Padahal pohon kopi memiliki berbagai manfaat. Tidak hanya biji kopi saja, tapi bagian pohon lainnya pun juga memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan. Apa saja itu? Yuk, simak artikel berikut ini!


1. Biji Pohon Kopi

Tentu saja ini yang akan kita bahas pertama kali. Sebab bagian inilah yang paling banyak dikonsumsi. Zat utama yang terkandung dalam biji kopi adalah kafein. Sebagai pengetahuan, kafein merupakan senyawa kimia alkaloid yang dikenal sebagai trimetilsantin dengan rumus molekul C8H10N4O2. Jumlah kandungan zat kafein pada kopi sekitar 1 - 1,5%.

Menurut Yuhardin,2009, dan Wildman,2007, kafein yang terkandung dalam biji kopi mampu menekan pertumbuhan sel kanker secara bertahap. Selain itu, juga mampu menurunkan resiko terkena diabetes melitus tipe dua. Kafein bekerja dengan menjaga sensitivitas tubuh terhadap insulin. Smith, 1999, kafein telah terbukti dapat mencegah penyakit serangan jantung.

Biasanya para atlet sebelum bertanding mengonsumsi kopi. Hal ini dikarenakan senyawa aktif dalam kopi mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan dapat memecahkan glikogen (gula cadangan dalam tubuh).

Biji kopi juga mengandung senyawa antioksidan lainnya, seperti polifenol, flavonoid, kumarin, proantosianidin, tokoferol, dan asam klorogenat. Asam klorogenat pada kopi memiliki peran dalam mencegah kerusakan sel dan menghambat pertumbuhan sel kanker melalui pengikatan sejumlah radikal bebas. Antioksidan dapat membantu tubuh dalam menangkal senyawa radikal bebas, seperti diabetes, kanker, dan penurunan respon imun.


2. Bunga Pohon Kopi

ciri ciri pohon bunga kopi
Sumber : wikipedia.com
Siapa sangka jika bunga dari pohon kopi memiliki banyak manfaat? Jika diperhatikan, daun kopi sedikit mirip dengan melati. Bunga kopi pun rupanya bisa dikonsumsi sebagai teh juga.

Rasa floralnya yang kuat disertai juga aroma jasmine, orchid, oolong, bambu, dan vanila kian menambahkan betapa nikmatnya teh dari bunga kopi. Tak hanya sebagai teh, bunga kopi kerap dikonsumsi sebagai campuran pada panna cotta atau infused gin.

Baca Juga :

Bunga kopi dipercaya dapat menurunkan gejala meningkatnya kadar gula darah yang merupakan penyebab penyakit gula atau diabetes. Karena bagian bunga pada pohon kopi juga mengandung kafein, maka bunga kopi dapat menjaga kesehatan jantung pula.

Teh bunga kopi akan cocok bagi para penderita maag. Sebab tidak mengandung senyawa yang akan meningkatkan kadar asam pada tubuh. Jika Anda mengalami sesak napas, Anda juga bisa mengkonsumsi bunga kopi sebagai herbal.


3. Daun Pohon Kopi

Sumber : wikipedia.com
Ternyata bukan bunga kopi bisa yang bisa dijadikan sebagai teh. Namun, daun pohon kopi juga bisa dinikmati sebagai teh yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Teh dari daun kopi dapat mengobati penyakit diabetes dan kolesterol.

Daun kopi juga dipercaya mampu melawan kanker, baik kanker jinak maupun ganas, karena mengandung zat yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan antioksidan. Bahkan daun kopi juga dapat melindungi neuron otak sehingga dapat meningkatkan kecerdasan.

Mengkonsumsi teh daun kopi sangat bagus untuk menjaga kondisi tubuh kita agar selalu sehat. Sebab teh dari daun kopi dapat melancarkan pernafasan kita.

Selain itu, daun kopi juga dapat digunakan sebagai obat herbal alternatif untuk mengobati penyakit jantung. Bagi Anda yang ingin diet pun bisa juga mengkonsumsi daun kopi. Sebab di dalam daun kopi juga mengandung zat kafein yang merupakan salah satu komponen yang bisa membantu program diet. Daun kopi juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Sehingga sistem tubuh dapat bekerja dengan lebih optimal.

Tak hanya di bidang kesehatan, ternyata daun kopi juga bermanfaat untuk kecantikan. Penelitian yang pernah dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, menemukan bahwa teh daun kopi bisa digunakan sebagai bahan untuk scrub wajah.

Kandungan yang ada pada daun kopi mampu mengecilkan pori - pori wajah dan dapat mengurangi minyak yang berlebih di wajah. Rupanya bukan bijinya saja yang bisa dijadikan scrub wajah, daunnya pun juga bisa.

Tentu saja walaupun begitu banyak manfaat yang dimiliki oleh pohon kopi, bukan berarti Anda bisa mengkonsumsinya secara berlebihan. Konsumsilah dengan takaran secukupnya. Sebagai informasi tambahan, kopi hitam (kopi murni) dan kopi yang sudah dicampur susu atau sebagainya semuanya aman untuk dikonsumsi.

Pastinya dengan takaran yang pas, yaitu sekitar 2 - 3 cangkir kopi hitam dalam sehari. Bagaimana? Ingin mendapatkan manfaat lebih dari si tanaman kopi? Silahkan mengkonsumsi kopi, teh daun kopi atau bunga kopi, tapi jangan berlebihan ya!

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Mengulik Berbagai Manfaat Pohon Kopi "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel