Artikel Pilihan

Jenis-Jenis Aglaonema Lokal dan Potensinya di Ladang Bisnis Tanaman Hias

Tanaman aglaonema tentu sudah tak asing lagi di telinga para pecinta tanaman hias. Tanaman yang memiliki nilai estetika tinggi ini pasalnya memiliki nilai jual tinggi sehingga bisa dibudidayakan untuk bisnis tanaman hias.

Ya, sebagian besar mengetahui tanaman ini, namun masih belum tahu kalau tanaman ini bisa dijadikan sebagai ladang bisnis. Sebelum memulai bisnis tanaman aglaonema, sebaiknya kita mengenal jenis aglaonema lokal dan seberapa besar potensinya.

ciri ciri pohon aglaonema

Mengenal Apa Itu Aglaonema

Aglaonema secara etimologi berasal dari bahasa Yunani yang mana berasal dari dua kata ‘Aglaos’ yang berarti terang dan ‘nema’ yang berarti benang. Jika disimpulkan, aglaonema merupakan benang yang bersinar.

Karena aglaonema bisa dijadikan sebagai ladang bisnis, di Indonesia tanaman hias ini diberi julukan ‘Sri Rejeki’. Di mana tanaman hias ini sangat populer dengan keindahan dan harganya yang cukup fantastis.

Mungkin stigma pecinta tanaman hias menganggap bahwa tanaman yang cantik adalah tanaman yang memiliki bunga yang cantik dan akar yang unik. Namun beda halnya dengan aglaonema, di mana tanaman aglaonema tidak memiliki bunga cantik dan akar unik. Namun kenapa tanaman ini menjadi populer?

Pasalnya, tanaman aglaonema dikenal sebagai tanaman hias dengan kecantikan pada daunnya yang lebar dan indah. Tentu nya setiap jenis aglaonema memiliki daun yang berbeda-beda bentuk. Ada yang bulat, oval, lonjong, bahkan ada yang berbentuk hati. Selain bentuk daunnya yang cantik, daun aglaonema juga memiliki tulang daun atau rangka serat dengan gradasi warna yang menarik.

Jenis dan Karakteristik Aglaonema Lokal

Aglaonema Big Mama

Aglaonema Big Mama adalah salah satu jenis aglaonema yang berasal dari Thailand. Dikatakan sebagai jenis lokal, karena jenis ini cukup terkenal di Indonesia. Selain itu, jenis ini juga mulai mendominasi di antara jenis aglaonema lainnya.
Ciri Ciri Pohon Aglonema
Sumber: saranafc.blogspot.com
Tanaman Aglaonema Big Mama memiliki bentuk daun yang pendek namun saling berkaitan. Jadi, tangkai yang dimiliki pada jenis ini sangat lah pendek. Dengan bentuk daun yang bulat dan lonjong membuat aglaonema ini digemari banyak pecinta tanaman hias.

Baca Juga :

Selain bentuk daun, aglaonema Big Mama memiliki tulang daun berwarna merah dengan serat hijau kekuningan. Ukuran daunnya lebih lebar jika dibandingkan jenis aglaonema lainnya.

Aglaonema Claudia

Aglaonema Claudia lebih dikenal sebagai aglaonema yang paling tahan dengan packing. Pasalnya, jenis aglaonema ini lebih sering dijual online, karena daya tahan hidupnya lebih besar dibandingkan dengan aglaonema lainnya.

Hal ini disebabkan karena aglaonema Claudia memiliki ruang penyimpanan air yang besar pada akar nya, sehingga mampu membuat nutrisi cadangan, di kala ia kekurangan air.

Bahkan aglaonema Claudia ini bisa tahan berhari-hari tanpa melakukan penyiraman dalam perawatan. Jadi sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai ladang bisnis, khususnya jualan online.

Aglaonema Claudia memiliki bentuk daun yang cantik hampir serupa dengan bentuk hati dengan runcing pada bagian ujung daunnya. Struktur pada daunnya sangat teratur, yang mana tangkai daunnya tumbuh sejajar dengan tangkai daun lainnya, sehingga tampak simetris.

Jenis aglaonema ini cocok diletakkan di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Daun dengan warna hijau kekuningan dan tulang daun berwarna putih pudar, dilengkapi dengan tangkai daun berwarna merah muda pudar.

Aglaonema Claudia muda, lebih memiliki warna hijau pada daunnya yang dominan. Tulang daunnya pun berwarna putih susu, dan tangkai nya berwarna merah muda. Terlihat seperti gadis muda, ketika kita meletakkan di sudut ruangan.

Aglaonema Rebecca

Jenis aglaonema lokal berikutnya adalah aglaonema Rebecca. Jenis ini berasal dari negeri Thailand yang mulai dikembangkan di Indonesia hingga menjadi jenis aglaonema populer.

Karakteristik khas pada aglaonema Rebecca ini memiliki daun yang berbentuk hampir bulat namun melebar. Warna daunnya yang dominan merah dan sedikit bercak hijau membuat ia tampak seperti menyala saat diletakkan di bawah sinar lampu.

Apalagi ketika meletakkan aglaonema Rebecca ini di malam hari dengan penerangan lampu neon, kita akan menikmati pemandangan yang indah pada aglaonema Rebecca.

Aglaonema Siam Orange

Aglaonema Siam Orange ini merupakan turunan dari aglaonema siam yang mana memiliki warna daun merah muda keunguan dan bercak hijau dan dengan tulang daunnya yang berwarna hijau. Dilengkapi juga warna hijau pada tepian daunnya membuat daun aglaonema Siam Orange tampak cantik dan indah. Dinamakan Orange, karena aglaonema jenis ini akan berwarna kemerahan ketika berada di malam hari. Unik bukan?

Aglaonema Jubilee

Jenis aglaonema lokal berikutnya adalah aglaonema Jubilee. Di mana jenis aglaonema ini memiliki bentuk daun yang paling unik dibandingkan dengan jenis aglaonema lainnya. Pasalnya, daun aglaonema Jubilee ini berbentuk melebar dan lonjong juga meruncing seperti cabai. Kombinasi perpaduan antara warna putih dan hijau yang tak beraturan membentuk seperti lukisan pada permukaan daunnya.

Baca Juga :

Itulah beberapa informasi mengenai jenis-jenis aglonema lokal dan potensi bisnisnya. Semoga bermanfaat, ya.

Belum ada Komentar untuk "Jenis-Jenis Aglaonema Lokal dan Potensinya di Ladang Bisnis Tanaman Hias"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel